Bukan 5 Tahun, Jimly Asshiddiqie Malah Desak Jaksa Tuntut Penusuk Syekh Ali Jaber dengan Hukuman Mati

JAKARTA - Kasus persekusi ulama nampaknya membuat banyak pihak geram. Salah satunya Anggota DPD RI Jimly Asshiddiqie yang minta pelaku penusukan Syekh Ali Jaber dihukum berat.

Dia meminta aparat kepolisian segera menyelesaikan proses hukum pelaku penusukan terhadap ulama Syekh Ali Jaber pada Minggu sore kemarin (13/9) di Bandarlampung.

Dikutip dari RMOL, ia menilai, kasus tersebut sudah cukup bukti untuk memproses pelaku yang diketahui seorang pemuda berinisial AA (26).

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini meminta pelaku disangkakan dengan pembunuhan berencana dengan hukuman maksimal.

"Saya sarankan polisi dan jaksa cepat saja memproses penuntutannya, karena tertangkap tangan, segala buktinya sudah cukup untuk dituntut delik pembunuhan berencana dan terorisme dengan sanksi maksimal saja, bila perlu pidana mati," kata Jimly di akun Twitter-nya, Senin (14/9).

"Soal penilaian, biar hakim yang memutus," sambungnya.

Saat disinggung kemungkinan adanya aktor lain di balik penusukan yang terjadi di depan Masjid Falahuddin Kota Bandarlampung itu, Jimly menilai hal itu akan terungkap seiring berjalannya proses hukum kepada pelaku.

"Sambil jalan saja, pelaku utama segera diadili saja sehingga semua bisa diungkap secara terbuka. Jangan kebanyakan teori dan analisa yang menyebabkan proses jadi lamban," tandasnya. (rmol.id/ima)

Baca Juga:

  • 6 Bulan Gali Terowongan Pakai Obeng untuk Kabur, Komisi II DPR: Aneh, Tanah Galiannya kok Tidak Ada.
  • Sesalkan Febri Diansyah Mundur, Wakil Ketua KPK: Dia Pegawai yang Turut Mengawal dan Membesarkan Nama KPK..

Berita Terkait

Berita Terbaru