Bukan Ahok atau Luhut, IKN Nusantara Akan Dipimpin Kepala Daerah Berlatar Arsitek, Siapa ya?

JAKARTA - Ibu Kota Negara (IKN) baru yang bernama Nusantara akan dipimpin seorang kepala daerah berlatar belakang arsitek. Kepastian ini diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (19/1), di Jakarta.

Lalu siapa kepala daerah yang berlatar belakang arsitek? Jokowi enggan membocorkan nama kandidatnya tersebut.

"Yang jelas IKN ini nanti, calonnya paling tidak pernah memimpin daerah. Selain itu, punya background arsitek," ujar Jokowi saat bertemu para pemimpin redaksi media di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Meski didesak, Jokowi tetap tak mau menyebut nama maupun inisialnya. Jokowi justru menceritakan soal pemilihan nama Nusantara untuk IKN.

Dikatakan, nama tersebut tak serta merta dipilih karena pendapat pribadinya. Aspirasi sejumlah pihak juga menjadi pertimbangan. "Setidak-tidaknya, butuh waktu cukup lama antara 15-20 tahun untuk selesai sepenuhnya," imbuhnya.

Jokowi juga tidak khawatir jika soal kemungkinan pembangunan IKN distop oleh pemimpin berikutnya. Menurutnya, pembangunan IKN menjadi amanat undang-undang.

"IKN ini kan amamat UU. Sehingga tak seharusnya dihentikan. Ini juga sudah disepakati delapan fraksi di DPR. Artinya, suara mayoritas kekuatan politik di DPR menghendaki perpindahan ibu kota negara," pungkas Jokowi. (fin/zul)

Baca Juga:

  • Ngabalin Trending di Twitter! Sebelumnya Sebut Jokowi Terganggu Manuver Menteri, Sekarang Bilang Begini.
  • Tuding Menkes Terjaring Mafia Vaksin, Relawan Jokowi: Emang Bener Kok.

Berita Terkait

Berita Terbaru