Bumbu Rempah-rempah Indonesia Ditarget Akan Diekspor Hingga Rp28,5 Triliun

JAKARTA - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah menargetkan melakukan ekspor bumbu rempah Indonesia dengan total mencapai USD2 miliar atau Rp28,5 triliun pada 2024.

"Kita optimis untuk menargetkan ekspor bumbu rempah mencapai 2 miliar dolar AS dalam 4.000 restoran yang ada di mancanegara pada tahun 2024," kata Luhut dalam konferensi virtual, Senin (27/9)

Luhut yang juga menjadi Ketua Tim Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) menambahkan, bahwa target tersebut akan didukung lewat kampanye Indonesia Spice Up The World.

"Melalui kampanye ini, pemerintah berupaya mengangkat kuliner Indonesia dengan merangkul sejumlah pemangku kepentingan," ujarnya.

Selain di sektor kuliner, lanjut Luhut, pemerintah juga sedang menyiapkan berbagai persiapan untuk medical tourism, di berbagai destinasi wisata di Indonesia.

"Industri harus memberikan kontribusi dan sumbangsih yang luar biasa khususnya bagi pelaku game lokal, sehingga bisa tumbuh di negerinya sendiri," tuturnya.

Tak hanya itu, Luhut mengaku, pemerintah juga telah mendukung potensi industri game atau permainan yang begitu besar di Indonesia.

"Selain itu, pemerintah saat ini juga mendukung dan mendorong sebanyak 15 juta unit pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk go digital," pungkasnya. (der/zul)

Baca Juga:

  • Polisi Sederhana dan Jujur, Mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional.
  • Tes SKD Cuma Tujuh Detik, Ternyata CASN Ketahuan Curang Kerjakan soal Pakai Software.

Berita Terbaru