Bumiayu Kembali Diguncang Gempa 3,1 SR, Getarannya Terasa sampai Kabupaten Tegal

BUMIAYU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mencatat terjadinya gempa bumi, Minggu (10/10) sore, sekitar pukul 17.50 WIB. Pusat gempa berada di utara sekitar Bumiayu Kabupaten Brebes.

Berdasarkan info grafis yang di terima radartegal.com menyebutkan, gempa yang terjadi berkekuatan 3,1 SR. Adapun pusat gempa berada di 7 KM utara Bumiayu Kabupaten Brebes dengan kedalaman 9 KM.

Kepala BMKG Banjarnegara, Setyo Aji dikonfirmasi radartegal.com mengirimkan info grafis terkait informasi itu. Dalam pesannya, Setyo Aji menuliskan gempa magnitudo 3.1 SR terjadi di 7.19 LS,108.97 BT atau 7 kilometer Utara Bumiayu Kabupaten Brebes di kedalaman 9 kilometer.

Meski hanya berkekuatan 3.1 SR, sejumlah warga di Desa Prupuk Selatan Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal juga ikut merasakan getaran gempa tektonik itu. Misalnya Anny Riyanti, warga Dukuh Kesambi, yang mengatakan merasakan goyangan gempa saat menunaikan salat Maghrib.

"Lumayan goncangannya, sampai salat saya batal. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa," ungkapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Seun, warga Dukuh Karanganyar. Dia mengaku merasakan getaran gempa, meskipun tidak begitu kuat dan durasinya sangat singkat, hanya beberapa detik.

Kepala Desa Prupuk Selatan, Hani Gunanto mengatakan belum ada laporan terkait gempa bumi yang diterimanya. Dia sendiri justru tidak merasakan adanya guncangan gempa.

Hingga berita ini diturunkan, masih dilakukan pendalaman terkait dampak dari gempa itu. Minggu lalu tepatnya, Selasa (28/9), wilayah Kecamatan Sirampog juga diguncang gempa tektonik.

Sejumlah rumah warga dikabarkan mengalami kerusakan berat, sedang, dan ringan. Selain itu, beberapa tanah perbukitan yang diketahui mengalami keretakan. (muj/zul)

Baca Juga:

  • Kota Tegal Sebentar Lagi Akan Punya Floating Market seperti Bandung di Kali Siwatu.
  • Bubarkan Paksa Massa, Aksi 212 Teriakkan Brimob Zalim!.

Berita Terbaru