Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo Rencanakan Ubah Sampah Jadi Energi Listrik

PEMALANG - Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo berencana memanfaatkan pengolahan sampah menjadi sumber energi listrik. Rencana tersebut dia sampaikan saat meninjau kondisi sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pegongsoran, Kecamatan Pemalang.

"Dengan melihat kondisi yang ada, sampah memang menjadi problem kita semua, dan nanti ke depan sudah saya sampaikan barangkali bisa kita olah jadi tenaga listrik," kata Agung, Sabtu (6/3).

Rombongan bupati siang itu tiba di TPA pukul 13.00 WIB, dan langsung meninjau sistem pengolahan sampah yang ada. Didapatinya pula sampah-sampah yang membukit di lokasi tersebut.

Dikatakan, pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) akan membutuhkan sampah dalam jumlah banyak. Jika produksi sampah masih kurang, pihaknya akan mengusulkan ke pemprov agar Pemalang menjadi TPA regional, yang akan menampung sampah-sampah dari daerah lain.

"Nanti mereka (daerah lain) yang membayar untuk penampungan, dan kembali lagi ini bukan sekedar tempat penampungan saja, namun kita olah," katanya.

Ditambahkannya, Kabupaten Pemalang selama ini memiliki beberapa lokasi pengolahan untuk pengendalikan sampah, baik menciptakan pupuk maupun mendaur ulang sampah untuk yang nonorganik. (sul/ima)

Baca Juga:

  • Novia Widyasari yang Diduga Bunuh Diri Sudah 2 Kali Dihamili Polisi Pacarnya dan 2 Kali Diaborsi.
  • Prihatin Wali Kota Portal Alun-alun, Warga: Kita Ingin Tak Ada Egoisme dan Arogansi Kekuasaan.

Berita Terkait

Berita Terbaru