Cadangan Batubara Indonesia Melimpah sampai 38,8 Ton

JAKARTA - Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Tata Kelola Mineral dan Batu Bara (Minerba), Irwandy Arif menyebutkan cadangan batu bara Indonesia saat ini masih cukup melimpah mencapai 38,8 miliar ton.

"Potensi cadangan batu bara (Indonesia) cukup besar, sekitar 38,8 miliar ton," kata Arif dalam Musyawarah Nasional Ke-II ASPEBINDO, Kamis (18/11).

Dengan melimpahnya cadangan batu bara tersebut, Arif meminta pemanfaatan teknologi bersih terus ditingkatkan oleh pelaku industri batu bara. Menurutnya, hal ini penting untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan sekitar.

"Cadangan batu bara cukup besar ini harus dimanfaatkan dengan optimal dengan tetap memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan," ujarnya

Arif menambahkan Kementerian ESDM terus mendorong pengembangan industri hilirisasi batu bara di Indonesia terintegrasi dengan teknologi berbasis energi bersih. Tujuannya menekan penurunan emisi gas rumah kaca yang berasal dari sektor energi.

"Hal sesuai komitmen Presiden Indonesia (Jokowi) dalam mewujudkan teknologi hijau bersih, sebagai sarana untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," tutupnya. (der/zul)

Baca Juga:

  • Novia Widyasari yang Diduga Bunuh Diri Sudah 2 Kali Dihamili Polisi Pacarnya dan 2 Kali Diaborsi.
  • Prihatin Wali Kota Portal Alun-alun, Warga: Kita Ingin Tak Ada Egoisme dan Arogansi Kekuasaan.

Berita Terbaru