Cara Salatnya Dibully dan Viral, Buya Fikri Ngaku Tidak Fokus, Langsung Batalkan dan Ganti Salatnya

JAKARTA - Dr. H. Fikri Bareno MA atau Buya Fikri mengklarifikasi video gerakan salatnya yang dibully dan viral saat aksi Persaudaraan Alumni (PA 212), Jumat, (4/3) lalu.

Sadar gerakan salatnya keliru, Buya Fikri meminta maaf. Koordinator aksi ini mengaku kesulitan mendengar suara imam, karena berada di atas mobil komando.

Dalam klarifikasinya, Buya Fikri mengatakan, dirinya tidak fokus karena harus menjaga mobil komando, berjaga-jaga dari kemungkinan buruk saat aksi berlangsung. Karena sadar salah melakukan gerakan, Buya Fikri salat ulang di masjid usai aksi berlangsung.

Buya Fikri juga berharap agar klarifikasi dan permohonan maafnya ini mengakhiri kehebohan ini. Dia meminta ampun kepada Allah SWT terhadap kesalahan ini.

“Kepada Allah saya mohon ampunan, kepada umat saya mohon maaf, karena menimbulkan perdebatan. Walau pada dasarnya, salat adalah hubungan pribadi muslim kepada Allah, tidak untuk divideokan dan kemudian disebar sehingga menjadi perdebatan,” ujarnya.

Video pria berjubah hijau yang tengah salat di atas mobil dengan gerakan aneh membuat warganet heboh. Diketahui, video itu direkam saat alumni 212 melakukan aksi demo di Jakarta, Jumat (4/3).

Salah satu warganet menyebut jika gerakan aneh yang ditunjukkan pria berjubah hijau adalah aliran sesat karena tidak sesuai tata cara salat.

Diduga sejumlah orang itu tengah mengikuti aksi 212 yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag).

Aksi pria bergamis hijau, salat dengan gerakan aneh di atas mobil menjadi viral di media sosial. Video tersebut jadi perbincangan hangat usai diunggah oleh pegiat media sosial, Yusuf Muhammad, @yusuf_dumdum, hari ini.

Dalam unggahan Yusuf, tampak sejumlah orang tengah salat berjamaah di tempat terbuka. Jika diperhatikan, memang tidak ada yang aneh ketika sejumlah jamaah itu lakukan salat berjamaah.

Namun dalam video tersebut ada yang janggal. Pasalnya jauh terpisah dari saf jamaah, tampak seorang pria bergamis hijau tengah salat di atas mobil.

Yang lebih mengherankan, pria bergamis itu tampak tidak mengikuti gerakan imam yang sedang salat berjamaah.

Ia terlihat fokus dengan gerakannya sendiri, dan jika disimak gerakan salatnya pun cukup berbeda. Tidak sesuai dengan tuntunan yang diajarkan seperti yang diketahui umat muslim umumnya. (zul/rtc)

Baca Juga:

  • Dilengserkan dari Presiden ACT, Ahyudin Diduga Dirikan Lembaga Donasi Baru GMC.
  • Jadi Polemik, Ustaz Ahong Bilang ACT Sudah Lama Terindikasi Danai Aksi Terorisme di Suriah.

Berita Terkait

Berita Terbaru