Ciptakan Pembersih Daun dari Air Kelapa Tua, Siswa SMA Juarai Kreanova 2022 Kota Tegal

KOTA TEGAL - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal mengumumkan pemenang lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) di Pendopo Ki Gede Sebayu, Senin (20/6) siang.

Dari sekian banyak inovasi, pengkilap daun tanaman hias yang diciptakan siswi SMA menjadi salah satu yang menjuarai lomba itu.

Adalah Glocera yang merupakan inovasi yang dibuat 3 pelajar Kelas XI SMA berhasil menyabet juara untuk kategori pelajar.

Salah satu siswa, Zahra Nur Fitria mengatakan, kreasi yang dibuatnya itu merupakan cairan yang terbuat dari air kelapa yang sudah tua untuk digunakan membersihkan dan mengkilapkan daun pada tanaman hias.

"Kalau ide muncul dari situasi pandemi Covid-19 yang membuat semakin banyak orang mulai memelihara tanaman hias. Kemudian melihat banyaknya air kelapa tua yang dibuang," katanya.

Sehingga, kata Zahra, dia dan teman-temannya berpikir untuk memanfaatkan air kelapa tua itu dengan mencampur beberapa bahan lain. Sehingga, jadilah cairan yang dapat mengkilatkan daun tanaman hias.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya mengatakan, penghargaan Krenova merupakan bentuk apresiasi dari pemkot kepada para mitra dan inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas.

Pihaknya berharap agar selalu mengembangkan inovasi tanpa henti untuk kemajuan Kota Bahari

"Selanjutnya para pemenang lomba Krenova tingkat Kota Tegal ini akan diikutsertakan ke Lomba Krenova Tingkat Provinsi Jawa Tengah," ujarnya. (muj/ima)

Baca Juga:

  • Heboh! Ada Jatah Haji untuk Pejabat Kemenag, Anggota DPR, dan Ormas Islam.
  • Diserang Simpatisan Tersangka Pencabulan yang Juga Anak Kiai, Seorang Polisi Terluka.

Berita Terbaru