Dampingi Sandiaga Uno, Ganjar Borong Dagangan Samiyem yang Dua Tahun Tak Jualan

SRAGEN - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno dalam rangka peninjauan dan penilaian 50 besar Desa Wisata Indonesia Bangkit Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Ganjar Pranowo mendampingi Sandiaga Uno saat berkunjung di Museum Manusia Purba, Sangiran, Sragen (9/10).

Desa Wisata Sangiran menjadi salah satu dari total 50 besar desa wisata yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata 2021 tersebut.

Keunggulan Desa Wisata Sangiran adalah wisata alam dengan catatan sejarah bahwa tanah di desa tersebut berusia 1,8 juta tahun. Selain itu, 50 persen fossil manusia purba ditemukan di tanah Sangiran.

Melihat ramainya pengunjung yang datang ke Museum Manusia Purba Sangiran, Sragen, kebahagiaan terpancar dari sorot mata Samiyem, pedagang setempat.

Apalagi saat dagangannya diborong oleh Ganjar Pranowo.

“Pak mriki, Pak, saya sudah dua tahun tidak jualan ini dibeli,” tutur Samiyem memanggil Ganjar yang berdiri di antara rombongan Kemenparekraf.

“Dodolan opo, Bu? Iki piro?,” tanya Ganjar menanyakan harga salah satu barang dagangan Samiyem.

Kepada Ganjar, Samiyem menyodorkan setiap macam dagangannya. Mulai aksesoris gelang dan kalung, kaos hingga alat pijat dari batu. Ganjar pun menggoda Samiyem dengan menawar barang dagangannya.

“Iki piro, Bu? Rong puluh ewu yo? (Ini berapa bu? Dua puluh ribu ya?),” ujar Ganjar membuat suasana ger-geran.

Ganjar tampak membeli sejumlah kaos, dan alat pijat dari batu. Saat akan pergi, Ganjar mendengar pedagang lainnya berteriak meminta agar dagangannya juga dibeli.

“Yowis kui ngomong bosku (ajudan) ditukuni ben ora meri,” ujarnya.

Samiyem mengatakan, Museum Manusia Purba Sangiran telah tutup selama dua tahun sejak awal pandemi. Praktis, dirinya pun tak bisa berjualan. Dengan dibukanya lagi wisata, Samiyem berharap dagangannya akan laris dibeli.

“Saya sudah jualan di sini lama, kemarin tidak jualan dua tahun. Ini senang banget dibeli Pak Ganjar, harapannya ramai yang datang jadi bisa jual terus,” tutur Samiyem. (*/ima)

Baca Juga:

  • Soal Cuitan Polisi Diganti Satpam Bank, Kapolri: Jangan Antikritik, Introspeksi untuk Menjadi Lebih Baik.
  • Stop Penggunaan Sinovac, Thailand Beralih Gunakan Vaksin yang Efektif Lawan Varian Baru Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terbaru