Datangi DPRD Brebes, Guru Bahasa Inggris Minta Formasi P3K Ditambah

BREBES - Puluhan guru Bahasa Inggris di Kabupaten Brebes yang lulus Passing Grade (PG) formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) mendatangi DPRD setempat, Senin (27/6).

Kedatangan mereka mendesak penambahan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Seperti diketahui, sedikitnya ada 76 guru Bahasa Inggris sudah dinyatakan lulus passing grade Seleksi Kompetensi Dasar. Namun, ketersediaan formasi dalam perekrutan P3K tahap 1 dan 2 formasinya sangat minim.

Sekretaris Forum Guru Bahasa Inggris Lulus Passing Grade Brebes Suswono menjelaskan, audiensi dengan pimpinan DPRD Brebes berdasarkan Permendagri 29/ 2022. Isinya, tentang Pengadaan P3K Jabatan Fungsional Guru pada instansi pemerintah daerah dan hasil rakor guru lulus passing grade.

Menurutnya, setelah banyaknya desakan honorer baik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) disusul tenaga kesehatan honorer, semua tujuannya sama, yakni mempertanyakan kejelasan nasib.

"Bagaimana masa depan 76 guru bahasa Inggris yang lulus passing grade tahap 1 dan 2. Jika, formasi P3K tahun ini hanya membuka 28 guru bahasa Inggris," ungkapnya.

Karenanya, kata dia, dengan audiensi ini diharapkan nantinya ada solusi. Khususnya, asas keadilan dan pemerataan formasi karena regulasi pusat sudah menegaskan.

Terlebih, dalam proses seleksi P3K tahap 1 dan 2 masih banyak yang dimenangkan lewat jalur afirmasi. Termasuk, banyak guru bahasa Inggris lulus passing grade kalah bersaing dengan guru yang mengantongi sertifikasi.

"Dari puluhan guru bahasa Inggris yang lulus passing grade, rata-rata mereka mengabdi di atas 10 tahun. Jadi, kita harapkan audiensi ini nantinya ada solusi atau kejelasan nasib kami," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Brebes Teguh Wakhid menambahkan, keresahan guru bahasa Inggris honorer yang lulus passing grade tersebut harus segera diakomodir. Sebab, Pemkab Brebes melalui semua OPD terkait menargetkan penyelesaian pemetaan formasi P3K akhir Juni.

"Sambil menunggu hasil pemetaan, kami sudah meminta BKPSDMD untuk menganalisis jabatan fungsional guru. Termasuk, penyesuaian kemampuan anggaran untuk gaji dan tunjangan P3K formasi guru," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Semua Polisi yang Halangi Penyidikan Tewasnya Brigadir J Bisa Dipidana, Kompolnas: Mohon Sabar.
  • Sadis! Senjata Brigadir J Disebut Dipakai Pelaku Lain untuk Buat Alibi Baku Tembak.

Berita Terkait

Berita Terbaru