Dewan Usul Sungai Cenang Dibuat Bendungan Guna Atasi Kekeringan di Pantura

SLAWI - Ribuan hektare lahan pertanian di Pantura Kabupaten Tegal mengalami kekeringan. Anggota DPRD Kabupaten Tegal mengusulkan dibuat bendungan di Sungai Cenang guna mengatasi persoalan tersebut.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rustoyo, Senin (3/1) mengatakan, kekeringan di wilayah Pantura Kabupaten Tegal semakin parah saat musim kemarau panjang.

Imbas kekeringan itu, ribuan hektare lahan pertanian dibiarkan menganggur. Petani hanya bisa menanam padi sekali dalam satu tahun.

"Lahan sawah di wilayah pantura hanya bisa tanah sekali dalam satu tahun. Petani hanya mengandalkan air hujan,” katanya.

Wilayah pantura, tambah Rustoyo, saat musim kemarau dinilai sangat memprihatinkan. Kondisi itu terjadi sejak puluhan tahun lalu.

Hal itu mengingat tidak adanya suplai air dari wilayah atas. Petani hanya mengandalkan air hujan untuk mengairi lahannya.

Saat musim hujan, petani di wilayah pantura baru bisa menanam padi. Saat musim kemarau, lahan sawah hanya dibiarkan menganggur.

"Ratusan hektare lahan pertanian di wilayah pantura yang dibiarkan menganggur. Padahal, idealnya satu tahun bisa tiga kali tanam padi,” tambahnya.

Untuk mengatasi kekeringan pantura, lanjut Rustoyo, dirinya mengusulkan bendungan di Sungai Cenang wilayah Kecamatan Suradadi. Sungai besar yang membelah wilayah pantura itu, bisa dimanfaatkan untuk menampung air dengan menggunakan bendungan.

Saat musim kemarau, bendungan itu bisa menahan air yang kemudian dialirkan ke lahan pertanian. Selama ini, air di Sungai Cenang dibiarkan langsung mengalir ke laut.

Lahan pertanian di wilayah pantura sangat luas yang berada di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kramat, Suradadi dan Warureja. Hampir sebagian besar lahan pertanian di wilayah itu dibiarkan menganggur.

Namun ada beberapa petani yang terpaksa menggunakan sumur bor untuk mengairi lahannya. Tidak hanya mengaliri lahan, warga juga memanfaatkan sumur bor untuk kebutuhan sehari-hari.

Jika tidak, warga membeli air bersih untuk mencuci, masak dan kebutuhan lainnya.

"Semoga membuat bendungan di Sungai Cenang bisa menjadi solusi kekeringan selama musim kemarau," pungkasnya. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Ramal Eril, Putra Ridwan Kamil Meninggal, Paranormal Mbak Rara Berharap Meleset.
  • Sambil Menangis, Mbak Rara Ngaku Sudah Berkomunikasi dengan Arwah Eril: Jantungnya Tertusuk.

Berita Terkait

Berita Terbaru