Di Brebes, Vaksin Booster Dimulai Serentak di 38 Puskesmas

BREBES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat hari ini sudah mulai vaksin dosis tiga atau booster. Vaksinasi dosis ketiga itu serentak di 38 puskesmas di Kabupaten Brebes.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Brebes, dr Sri Gunadi Parwoko menjelaskan, vaksinsi dosis ketiga ini dilakukan setelah capaian vaksin Covid-19 di Brebes sudah mencapai 70%. Selain vaksinasi dosis ketiga, vaksinasi terhadap anak yang usia 6-12 tahun juga sudah dilakukan.

"Vaksinasi dosis ketiga sudah dimulai hari ini serentak di puskesmas yang ada di Kabupaten Brebes," ujarnya.

Sasaran vaksin booster tahap pertama ini adalah warga yang telah mendapatkan vaksin dosis satu dan dua. Jarak antara vaksin dosis dua dengan booster memiliki interval minimal 6 bulan.

Kemudian yang menjadi sasaran booster adalah masyarakat 18 tahun ke atas dan lansia, termasuk kelompok rentan.

"Silakan bagi yang mau vaksin booster. Tinggal datang dan bawa KTP. Kalau lolos skrining akan langsung disuntik," terang Sri Gunadi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan melanjutkan, pelaksanaan vaksin dosis booster memiliki ketentuan sebagai berikut, untuk vaksin primer (dosis 1 dan dosis 2) Sinovac, akan mendapatkan vaksin booster Moderna full dosis (0,5ml).

Vaksin primer (dosis 1 dan dosis 2) Sinovac, dosis booster Astra Zeneca x setengah dosis (0,25ml). Vaksin primer (dosis 1 dan dosis 2 ) Sinovac, dosis booster pfizer setengah dosis (0,15ml)

Vaksin primer (dosis 1 dan dosis 2) Astra Zeneca, dosis booster Moderna setengah dosis (0,25ml). Vaksin primer (dosis 1 dan dosis 2) Astra Zeneca, dosis booster pfizer setengah dosis (0,15ml).

Terpisah, Kepala Puskesmas Brebes dr Heru Padmonobo membenarkan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan vaksinasi dosis ketiga. Untuk antusiasme warga sendiri cukup banyak.

"Hari ini di puskesmas sudah mulai vaksinasi dosis ketiga, dan untuk antusias cukup tinggi. Terbukti, hingga Rabu siang warga yang ingin vaksinasi dosis ketiga masih berdatangan," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Sambil Menangis, Mbak Rara Ngaku Sudah Berkomunikasi dengan Arwah Eril: Jantungnya Tertusuk.
  • Ramal Eril, Putra Ridwan Kamil Meninggal, Paranormal Mbak Rara Berharap Meleset.

Berita Terkait

Berita Terbaru