Di Tengah Pandemi, Wabup Brebes Minta UKS Ditingkatkan

BREBES - Meski Brebes masuk PPKM Level 3 menuju level 2, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. Salah satunya optimalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di masa pandemi Covid-19 harus ditingkatkan seiring pemberlakuan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Wakil Bupati Brebes Narjo mengatakan, peran UKS sangat diperlukan dan harus ditingkatkan guna memastikan kondisi kesehatan siswa. Ini untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya klaster sekolah.

"UKS merupakan salah satu rantai penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan di lingkungan sekolah, bukan salah satu pelengkap saja di sekolah. Untuk itu, UKS harus dioptimalkan fungsinya di sekolah di tengah pandemi seperti ini," ujarnya saat memimpin Rakor TP UKS, belum lama ini.

Melalui UKS, kata dia, diharapkan mampu menanamkan sikap dan perilaku hidup sehat pada dirinya sendiri dan mampu menolong orang lain. UKS memberikan pembelajaran kesehatan dari siswa, oleh siswa, dan untuk siswa, guna menciptakan siswa yang berkualitas.

"Di tengah pandemi seperti ini keberadaan UKS dirasa sangat penting peranannya. Jadi saya minta peranan UKS harus ditingkatkan," ucapnya.

Kepala Bagian Kesra Setda Brebes Ahmad Sekhu menjelaskan, Rakor TP UKS diikuti 100 peserta yang berasal dari perwakilan camat, Korcam Satpendik, kepala puskesmas, kepala SMP/MTs dan ketua TP PKK Kabupaten Brebes.

"Peserta mendapatkan materi tentang UKS dan dunia pendidikan. Narasumber dari kemenag, dinas kesehatan maupun dinas pendidikan," singkatnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Arteria Dahlan Pernah Protes karena Tidak Dipanggil Yang Terhormat, Netizen: Saking Angkuhnya.
  • Arteria Dahlan Ternyata Lulusan Tanah Sunda, Prof Romli Atmasasmita: Rasa Malumu di Mana?.

Berita Terkait

Berita Terbaru