Digelar Serentak, Wakil Ketua Komisi 1 Beri Catatan untuk Pilkades Brebes

BREBES - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Brebes M. Rizki Ubaidilah menilai pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang III yang dilaksanakan beberapa pekan yang lalu berjalan dengan lancar. Meski demikian, ada beberapa catatan yang harus tetap diperhatikan.

Hal itu diketahui usai Komisi I DPRD Brebes menggelar rapat evaluasi pelaksanaan Pilkades di Ruang Rapat Paripurna Bawah DPRD setempat, Senin (30/5).

"Secara umum semuanya berjalan dengan, lancar, aman dan baik," ujarnya saat ditemui di sela-sela rapat evaluasi pilkades.

Dijelaskannya, berjalan suksesnya pilkades gelombang III ini tidak terlepas dari kerja sama semua pihak. Baik itu dari pihak keamanan TNI-Polri, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Brebes dan pihak desa.


"Meskipun berjalan dengan baik, namun ada beberapa catatan yang ke depannya diharapkan bisa lebih ditingkatkan lagi," jelasnya.

Adapun catatan-catatan itu, lanjutnya, yang pertama terkait yakni terkait masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dan yang kedua terkait adanya tong kosong kewilayahan.

"Jadi biar tong kotak suara itu tidak berbasis dengan wilayah, ke depan jangan dibikin per wilayah (per RT, Red). Jika masih dilakukan per wilayah dikhawatirkan akan membuat gap setelah masa jabatan kepala desa yang baru nanti," terangnya.

Selain catatan itu, dirinya juga bakal memberikan perlindungan perangkat desa setelah diadakannya Pilkades gelombang ke III ini. Hal ini agar setelah pelaksanaan Pilkades gelombang III marwah desa tetap terjaga.

"Jadi nanti kita ada perlindungan terhadap perangkat desa. Salah satunya memberikan pemahaman kepada kepala desa terpilih terkait kegiatan mutasi dan rotasi perangkat desa," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terkait

Berita Terbaru