Dinkes Tidak Temukan Kasus Hepatitis Akut Misterius di Kota Tegal

KOTA TEGAL - Hingga saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal belum menemukan adanya kasus terkait hepatitis misterius di wilayah Kota Tegal.

Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinkes dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, hingga saat ini tidak ada kasus hepatitis akut di Kota Tegal. Meski begitu, pihaknya sudah melakukan upaya antisipasi.

"Hingga saat ini tidak ada temuan kasus hepatitis di Kota Tegal," katanya.

Menurut Prima, hepatitis akut sebagian besar menyerang Eropa dan termasuk kategori kejadian luar biasa menurut WHO, karena sudah ada sepuluh kasus. Secara umum, itu menyerang hati atau liver serta hepar, utamanya pada anak usia 1 bulan hingga 16 tahun.

Prima mengungkapkan, gejala awal hepatitis akut sendiri di antaranya mual, muntah, diare berat dan demam ringan. Sedangkan untuk gejala lanjutan, air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB putih pucat, mata dan kulit menguning, gangguan pembekuan darah, kejang dan kesadaran menurun.

"Hepatitis menular, tetapi melalui media, seperti alat makan dan lainnya," jelasnya.

Prima menambahkan, untuk mencegahnya, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Di antaranya, tangan dengan mengunakan sabun, memastikan makanan dalam keadaan matang bersih, tidak bergantian alat makan dengan orang lain, menghindari kontak dengan orang sakit, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.

"Kemudian untuk saluran napas agar mengurangi mobilitas, gunakan masker jika bepergian, jaga jarak dengan orang lain dan hindari keramaian," pungkasnya. (muj/ima)

Baca Juga:

  • Heboh! Ada Jatah Haji untuk Pejabat Kemenag, Anggota DPR, dan Ormas Islam.
  • Diserang Simpatisan Tersangka Pencabulan yang Juga Anak Kiai, Seorang Polisi Terluka.

Berita Terkait

Berita Terbaru