Dinperwaskim Brebes Bangun Perumahan Berbasis Komunitas

BREBES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dinperwaskim) setempat akan membangun perumahan berbasis komunitas. Hal tersebut diungkapkan Bupati Brebes Idza Priyanti didampingi Kepala Dinperwaskim Taryono.

Kepala Dinperwaskim Taryono mengatakan, rumah berbasis komunitas ini diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Rencana pembangunan tersebut sudah dipilotproject di Desa Paguyangan Kecamatan Paguyangan.

"Pilot project di sana (Kecamatan Paguyangan) sudah ada 21 dari 31 kapling yang siap dibangun tahun ini," ujarnya saat ditemui di Pendapa Brebes, Senin (3/5).

"Nantinya satu orang akan dapat bantuan rumah panel ruspin tipe 36 yang anggarannya bersumber dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," lanjutnya.

Dijelaskannya, perumahan berbasis komunitas ini, diharapkan bisa memberikan peluang bagi keluarga kurang mampu untuk mewujudkan rumah impiannya. Selain itu, program ini juga dapat mengurangi dampak dari munculnya lingkungan-lingkungan kumuh yang padat tidak tertata.

"Ya kita harapkan dengan adanya perumahan berbasis komunitas ini dapat mempermudah warga MBR bisa memiliki rumah yang diidamkan," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, bupati Brebes menyambut baik program perumahan berbasis komunitas tersebut. Menurutnya, program itu sebuah inovasi dari pemerintah dalam membantu warga yang termasuk MBR bisa memiliki rumah.

"Kita harapkan dengan adanya perumahan berbasis komunitas ini, kawasan kumuh di Brebes bisa berkurang. Dan warga yang termasuk MBR bisa memiliki rumah yang layak huni," singkatnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Wakil Gubernur Jatim Akui Berselingkuh saat Belum Kenal Arumi Bachsin.
  • Arumi Bachsin Takut Suaminya Wakil Gubernur Jatim Menikah Lagi, Emil Dardak: Punya Satu Istri Saja Sudah Repot.

Berita Terbaru