Dirjen Dukcapil Sidak Disdukcapil Brebes, Zudan: Banyak Kemajuan

BREBES - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Brebes, Jumat (26/11).

Dirjen tiba di Disdukcapil Brebes sekitar pukul 11.05 WIB.

Usai melakukan sidak, Zudan mengaku senang dengan kemajuan pelayanan yang ada di Disdukcapil Brebes. Pasalnya, dibandingkan 2017 lalu, layanan Disdukcapil Brebes saat ini audah banyak kemajuan.

"Misalnya, untuk layanan KTP Elektronik sudah 98% dan kartu identitas anak sudah 38% dan untuk Akte Kelahiran sudah 96%. Yang di mana, untuk KIA target nasionalnya 30%," ujarnya.

Dijelaskannya, untuk pelayanan yang ada saat ini, di Disdukcapil Kabupaten Brebes juga sangat baik. Salah satunya layanan jemput bola untuk perekaman terhadap penyandang disabilitas lewat Pelayanan Adminduk di Rumah untuk Disabilitas, Penderita Sakit Berat dan Lansia (Pandu Disana). Pasalnya, penyandang disabilitas kesulitan akses untuk melakukan perekaman.

"Nah ini program bagus. Jadi, Disdukcapil turun langsung jemput bola kepada warga penyandang disabilitas untuk melakukan perekaman," jelasnya.

Meski demikian, dirinya memberikan masukan ke disdukcapil untuk masalah loket diminta untuk diubah. Sehingga, setiap loket bisa melayani seluruh pelayanan.

"Sehingga setiap loket bisa layani semua keperluan masyarakat. Dan tadi, saya juga menyerahkan empat ribu blanko KTP El, sehingga warga yang sudah perekaman bisa memiliki KTP," pungkasnya. (ded/ima/adv)

Baca Juga:

  • Pemkab Tegal Kecolongan, Ditutup 2017 Ternyata di Eks Lokalisasi Peleman Masih Ada yang Terima Tamu.
  • Terduga Pembunuh Wanita Muda di Peleman Disebut Serahkan Diri ke Polisi.

Berita Terkait

Berita Terbaru