Ditunjuk Jadi Pelaksana Vaksin Covid-19, Faskes Siapkan 10 Vaksinator

TEGAL - Meski pelaksanaan vaksin baru akan dilaksanakan pada Februari 2021 mendatang, tetapi salah satu pelayanan kesehatan sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari. Selain sarpras, juga disiapkan petugas yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 atau vaksinator.

Plt Direktur RSUD Kota Tegal dr Heri Susanto mengatakan, Kardinah ditunjuk menjadi salah satu fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) sebagai pelaksana vaksin Covid-19. Karenanya, sudah disiapkan sarpras dan SDM.

"Sudah kita siapkan baik SDM maupun sarana dan prasarananya," ujarnya.

Menurut Heri, untuk SDM, sudah disiapkan sebanyak 10 vaksinator yang terdiri dari 5 dokter dan 5 paramedis. Itu sesuai dengan persyaratan yang di tetapkan.

"Selain SDM, kita juga sudah siapkan tempat pemberian vaksin dan penyimpanannya," tandasnya.

Menurut Heri, untuk kapasitas penyimpanan bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Meski begitu, dirinya tidak menampik adanya sedikit kekurangan dalam persiapan itu.

"Kita akan lengkapi kekurangan itu. Karena memang masih ada waktu," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi mengatakan, jika tidak ada halangan, vaksinasi akan dimulai pada 14 Februari 2021. Untuk tahap pertama ini ada tenaga kesehatan, pejabat publik dari forkopimda di tahap pertama, hingga tokoh agama.

"Kita menyiapkan 13 fasilitas pelayanan kesehatan, yakni tiga rumah sakit, delapan puskesmas dan dua klinik, untuk melayani vaksinasi Covid-19," ujarnya. (muj/ima)

Baca Juga:

  • Bukan 1, Polisi Akui Terima 3 Laporan Terkait Dugaan Benny K Harman Tampar Pegawai Restoran.
  • Jika Nasdem Bersama Golkar, PAN, PPP, dan PKB Usung Ganjar, Pengamat: Ini Skenario Jegal Anies Baswedan.

Berita Terkait

Berita Terbaru