Door To Door, Upaya Permudah Warga Lansia dan Umum Dapatkan Vaksinasi Covid-19

BREBES - Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Brebes terus digencarkan. Termasuk dengan mekanisme door to door untuk mendekatkan vaksinasi kepada masyarakat. Vaksinasi yang mendatangi satu per satu rumah warga ini menyasar masyarakat lansia.

Vaksinasi door to door ini dilakukan di wilayah perkotaan dan pedesaan. Di perkotaan, tim vaksinator mendatangi rumah warga di Kelurahan Pasarbatang Kecamatan Brebes. Kemudian vaksinasi di pedesaan dilakukan di Desa Karanglo Kecamatan Jatibarang.

Seperti diketahui, Pemkab Brebes hingga kini masih menggenjot capaian vaksinasi. Ini dilakukan agar capaian vaksinasi di Brebes mencapai 70 persen pada akhir tahun. Upaya ini juga dilakukan dengan pencanangan vaksinasi door to door di Islamic Center, Kamis (2/11).

"Hari ini kita melakukan vaksinasi di Islamic Center bekerjasama dengan Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma. Dengan terget sasaran mencapai ribuan dosis," ungkap Bupati Brebes Idza Priyanti usai menghadiri vaksinsi di Islamic Center.

Selain diselenggarakan di Islamic Center, jelasnya, melalui petugas vaksinator pihaknya juga melakukan vaksinasi door to door. Dengan demikian, masyarakat yang belum vaksin tidak perlu mengantre di gerai vaksin ataupun lainnya.

"Semoga dengan door to door ini jumlah target warga yang tervaksin di Brebes terus meningkat. Sehingga, Brebes bisa masuk PPKM Level I," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Brebes Imam Budi Santoso mengatakan, untuk mencapai target vaksinasi 70%, kondisi stok vaksin di Kabupaten Brebes saat ini aman. Yakni sebanyak 315 ribu dosis. Sedangkan warga yang harus divaksin untuk mencapai target 70% itu mencapai 250.000 orang.

"Untuk stok vaksinasi hingga akhir Desember ini aman. Tinggal perlu pendekatan kepada warga agar mau divaksin," ucapnya.

Untuk memenuhi target warga yang divaksin agar mencapai 70%, pihaknya telah menyiapkan tenaga vaksinator untuk mobilitas turun ke lapangan. Meski begitu, dirinya berharap ada kerja sama dengan 297 desa atau kelurahan untuk ikut sosialisasi ke warga yang belum vaksinasi agar ikut divaksin.

"Untuk stok vaksinasi yang tersedia yakni Pfizer, Sinovac, Astrazeneca dan Sinopharm. Insya Allah dengan stok vaksinasi ini target 70% ini bisa terpenuhi," jelasnya.

Di tempat yang sama, Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma juga mengatakan, saat ini cakupan vaksinasi di Brebes terbilang cukup maksimal. Namun, target vaksinasi harus tetap digencarkan. Sehingga, warga yang belum tervaksin bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Meski sudah maksimal, namun capaian vaksinasi harus tetap digencarkan. Mulai dari pemerintah daerah ataupun lainnya harus ikut turun ke lapangan dalam menyukseskan target capaian vaksin," tukasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Pemkab Tegal Kecolongan, Ditutup 2017 Ternyata di Eks Lokalisasi Peleman Masih Ada yang Terima Tamu.
  • Terduga Pembunuh Wanita Muda di Peleman Disebut Serahkan Diri ke Polisi.

Berita Terkait

Berita Terbaru