DP3KB Brebes Sosialisasikan Program Bangga Kencana ke Ribuan TPK

BREBES - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes mensosialisasikan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) kepada ribuan Tim Pendamping Keluarga (TPK), Minggu (10/4).

Kepala DP3KB Kabupaten Brebes dr Sri Gunadi P. melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Kambali mengatakan, program Bangga Kencana sendiri merupakan program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Yang bertujuan membentuk keluarga yang berkualitas.

"Sosialisasi ini merupakan upaya untuk menyukseskan program nasional berupa Bangga Kencana yang menjadi tugas, fungsi, tanggung jawab bersama dalam rangka memberikan andil dalam mensejahterakan masyarakat," ujarnya.

Dijelaskannya, di Kabupaten Brebes sendiri ada 1.524 TPK. Di mana, satu TPK terdiri dari tiga orang yakni tenaga kesehatan (nakes), kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan kader Keluarga Berencana (KB).

"Jadi total peserta yang ikut dalam sosialisasi ini mencapai 4.572 orang. Di mana, jumlah tersebut tersebar di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Brebes," jelasnya.

Ditambahkannya, TPK ini nantinya akan memiliki tugas dalam menyukseskan program Bangga Kencana. Tugas TPK ini yaitu melakukan pendampingan kepada tiga sasaran yakni calon pengantin (catin), ibu hamil dan ibu nifas.

"Jadi kita harapkan dengan adanya sosialisasi ini, program Bangga Kencana bisa dilaksanakan dengan baik di Kabupaten Brebes," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Heboh! Ada Jatah Haji untuk Pejabat Kemenag, Anggota DPR, dan Ormas Islam.
  • Diserang Simpatisan Tersangka Pencabulan yang Juga Anak Kiai, Seorang Polisi Terluka.

Berita Terkait

Berita Terbaru