DPKH Brebes Mulai Vaksinasi PMK Dosis Kedua, Ribuan Hewan Ternak Jadi Target

BREBES - Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dosis kedua sudah mulai dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Brebes, Selasa (2/8) lalu.

Dalam vaksinasi PMK dosis kedua ini ada 3.000 hewan ternak yang menjadi target penerimaan vaksin.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat DPKH Brebes Budi Santoso mengatakan, dalam target vaksinasi PMK tahap pertama sebanyak 3.000 ekor.

Namun, dalam realisasinya ada 2.733 ekor yang telah menerima vaksinasi PMK dosis pertama.

"Sedangkan sebanyak 267 dosis vaksin hilang atau rusak atau melewati batas waktu aplikasi. Dan saat ini, kami sudah memulai vaksinasi PMK dosis kedua sejak Selasa lalu," ujarnya, Kamis (4/8).

Dijelaskannya, hingga Rabu (3/8) lalu total ada 231 hewan ternak yang mendapatkan vaksinasi PMK dosis kedua. Harapannya, ke depan akan semakin banyak hewan ternak yang mendapatkan vaksinasi PMK dosis kedua.

"Vaksinasi ini tidak terfokus pada daerah yang sudah ada kasus PMK saja, tapi juga di daerah yang bebas PMK," jelasnya.

Seperti diketahui, selama penyebaran PMK di Kabupaten Brebes hingga 3 Agustus total ada 1.315 ekor reaktif PMK. Dengan rincian, sapi 971 ekor, kerbau 327 ekor, kambing 10 ekor dan domba tujuh ekor.

"Dari 1.315 ekor sapi yang reaktif, 1.301 ekor kondisinya membaik. Yaitu sapi 957 ekor, kerbau 327 ekor, kambing 10 ekor, domba tujuh ekor," paparnya.

"Selain itu, ada juga 13 ekor hewan ternak dipotong paksa dan satu ekor ternak lainnya dilaporkan mati," lanjutnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya terus melakukan capaian vaksinasi PMK baik dosis pertama maupun kedua.

"Harapannya, dengan vaksinasi ini penyebaran kasus PMK tidak ditemukan lagi di wilayah Kabupaten Brebes," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terbaru