Dua Parpol Baru Terdata di Badan Kesbangpol Kota Tegal

KOTA TEGAL - Memasuki tahapan pendaftaran, sejumlah partai politik baru mendaftarkan diri ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Tegal. Satu parpol di antaranya belum memasukkan data-datanya ke kantor itu.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Tegal Budi Saptaji mengatakan, hingga saat ini total ada 18 parpol yang terdata di kantornya. Parpol-parpol itu yakni PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, PKS, Perindo, PPP dan PAN.

"Kemudian ada Hanura, Demokrat, PBB, PKPI, Ummat, Buruh dan PSI," katanya.

Dari partai itu, kata Budi, Partai Ummat dan Buruh merupakan partai baru. Kemudian, untuk PSI, sampai saat ini belum menyertakan SK.

"Selanjutnya, untuk PKPI, kami memang belum memiliki data-datanya," pungkasnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Kota Tegal Divisi Teknis Penyelenggaraan Lies Herawati mengatakan, pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024, baru akan dibuka pada 1-14 Agustus mendatang. Sehingga, total parpol yang mendaftar belum diketahui.

"Apalagi, nantinya pendaftaran akan dilakukan secara tersentral di pusat. Jadi kita tinggal menunggu," ujar Lies.

Meski begitu, kata Lies, sampai dengan saat ini sudah ada 38 parpol yang telah mengakses Sipol (Sistem Informasi Partai Politik). Kemudian, ada 26 Partai yang telah berkoordinasi dengan KPU Jawa Tengah. (muj/ima)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terbaru