Dua Pekan di Akhir Tahun, 19 Bencana Terjadi di Bantarkawung Brebes

BREBES - Memasuki musim penghujan, belasan bencana terjadi di dua pekan akhir tahun ini di wilayah Kecamatan Bantarkawung, Brebes.

Belasan bencana tersebut terdiri dari banjir, tanah longsor maupun jalan yang hampir tidak dapat dilalui karena rusak.

Camat Bantarkawung Eko Supriyanto mengatakan, belasan bencana yang terjadi di awal pekan pada bulan ini tersebar di 11 desa. Di antaranya di Desa Bhangbayang, Bantarkawung, Bantarwaru, Pengerasan, Terlaya, Karangpari, Cibentang, Sindangwangi, Cinanas, Pengebatan dan Desa Banjarsari.

"Bencananya bermacam-macam. Ada tanah longsor, banjir dan jalan rusak. Namun, bencana longsor paling mendominasi," ungkapnya, Jumat (25/12).

Disebutkannya, di Desa Cinanas, dalam sehari yakni pada Rabu (2/12) lalu terjadi bencana longsor sebanyak tiga titik. Sebelum terjadi bencana longsor, wilayah tersebut diguyur hujan dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 02.30 WIB dini hari.

"Total kerugian akibat bencana yang terjadi pada awal bulan lalu kurang lebih mencapai ratusan juta rupiah," jelasnya.

Meski demikian, sejumlah bantuan telah berdatangan kepada masyarakat yang terdampak bencana. Terakhir, kata dia, ada bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari sebuah perusahaan yang ada di Kabupaten Brebes.

"Untuk jalan ataupun talut yang rusak akibat diterjang longsor kami harapkan bisa segera diperbaiki oleh instansi terkait. Dan kepada masyarakat, saya mengimbau untuk selalu waspada karena saat ini sudah masuk musim penghujan," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Jozeph Paul Zhang Ternyata Lulusan SMA Favorit di Tegal, Saat Sekolah Prestasinya Biasa Saja.
  • Jozeph Paul Zhang Semakin Provokatif, Ring 1 SBY: Masak Negara Kalah Sama Satu Orang Pecundang Kayak Gini.

Berita Terkait

Berita Terbaru