Empat Negara Lengkapi 24 Kontestan Euro 2020

BUDAPEST - Babak kualifikasi Piala Eropa atau Euro 2020 baru saja usai. 24 tim memastikan diri tampil di ajang Euro 2020 yang akan digelar tahun depan.

Empat slot terakhir Piala Eropa 2020 telah terisi. Hongaria, Makedonia Utara, Slovakia, dan Skotlandia menjadi tim terakhir yang bergabung dengan 20 negara lain yang lebih dulu lolos.

Partai-partai final play-off Piala Eropa 2020 digelar serentak, Jumat (13/11) dinihari WIB. Dua tim pertama yang memastikan diri lolos adalah Hongaria dan Makedonia Utara.

Hongaria menjamu Islandia pada final jalur A dalam laga yang berlangsung dramatis di Puskas Arena, Budapest. Islandia unggul cepat lewat Gylfi Sigurdsson pada menit ke-11, tapi kemudian kebobolan dua kali di menit-menit akhir dan kalah 1-2.

Loic Nego menyamakan skor di menit ke-88 dan Dominik Szoboszlai membalikkan keadaan pada injury time, tepatnya di menit ke-92. Hongaria pun menang dan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Sementara Makedonia Utara juga menjalani laga ketat kontra Georgia di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, pada final jalur D. Gol Goran Pandev pada menit ke-56 menjadi satu-satunya pembeda, mengantarkan Makedonia Utara menang dan menyegel satu tempat di putaran final.

Di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara Vs Slovakia di final jalur B tak kalah alot dan dramatis. Slovakia unggul melalui Juraj Kucka di menit ke-17, tapi lantas kemasukan akibat gol bunuh diri Milan Skriniar di menit ke-87.

Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal usai dan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan. Michal Duris mengembalikan keunggulan Slovakia di menit ke-110 dan memastikan negaranya lolos dengan kemenangan 2-1.

Sementara duel Serbia Vs Skotlandia di Rajko Mitic pada final jalur C harus dituntaskan lewat adu penalti, setelah kedua tim berimbang 1-1 dalam 120 menit. Gol Ryan Christie di menit ke-52 dibalas Luka Jovic di menit ke-90.

Skotlandia pada akhirnya mengunci tiket terakhir setelah menang 5-4 di babak adu penalti. Penendang terakhir Serbia yakni Aleksandar Mitrovic gagal melakukan tugasnya.

Hanya dua tim teratas dari masing-masing klub yang lolos otomatis ke fase gugur. Empat tim terbaik yang finis di posisi tiga juga akan mendapat tiket ke fase selanjutnya.

Piala Eropa 2020 harusnya digelar tahun ini. Tapi akibat pandemi covid-19, kompetisi negara terbesar di Eropa ini diundur setahun dan akan dilangsungkan pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021. (der/zul/fin)

Baca Juga:

  • Bilang Sakit Tanpa Surat Keterangan Dokter, Polisi Tak Terima Alasan Habib Rizieq Mangkir.
  • Dikenal Rajin Beribadah dan Jarang Sakit, Seorang Perawat di Pemalang Meninggal Dunia Terinfeksi Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terbaru