Fakta Baru, Buronan Narkoba Asal China Buat Terowongan untuk Kabur Delapan Bulan Lengkap Ada Pompa Airnya

TANGERANG - Polisi menemukan selang beserta pompa air di lubang galian yang dijadikan terowongan untuk jalur kaburnya terpidana mati kasus narkoba Cai Changpan alias Cai Ji Fan.

Itu diungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, rabu (30/9) kemarin. Pompa air itu menjadi salah satu instrumen penting dalam pelarian napi WN China itu dari Lapas Kelas 1 Kota Tangerang, (14/9) lalu.

"Dia pakai untuk pompa air," kata Yusri, Rabu (30/9).

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu mengatakan lubang sedalam 2 meter dengan panjang 30 meter yang digali Cai Changpan, terhubung dengan gorong-gorong di luar Lapas.

Hal ini membuat lubang tersebut kerap tergenang air dan membuat proses penggalian Cai Changpan terhambat.

Lalu, Changpan menggunakan pompa untuk membuang air tersebut. Terpidana mati narkoba itu membutuhkan waktu delapan bulan hingga berhasil membuat jalur pelariannya itu. Adapun asal-usul pompa dan alat yang digunakan Cai Changpan untuk menggali, seperti sekop, besi, obeng, dan pahat, didapatkannya dari lokasi proyek pembangunan dapur di sebelah sel penjara.

"Itu alat-alat dari mana? Kan memang pada saat itu ada pembangunan dapur yang ada di dalam sel, itu yang diambil dia," pungkas Yusri.

Sebelumnya diberitakan, seorang narapidana (napi) kasus narkoba warga negara China melarikan diri dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Senin (14/9) lalu. Napi tersebut melarikan diri dengan cara menggali tanah dan keluar melalui gorong-gorong. (jpnn/zul)

Baca Juga:

  • Diguyur Hujan Deras, Warga di Kaki Gunung Slamet Dikejutkan Dentuman dan Goncangan Kuat.
  • Massa Pedemo Anies Diduga Bayaran, Musni Umar: Apa Masuk Akal Anies Dalangi Pengerusakan Fasilitas yang Dibangunnya?.

Berita Terkait

Berita Terbaru