Fenomena Supermoon, BPBD Kaitkan dengan Rob di Brebes

BREBES - Beberapa hari terakhir, sejumlah wilayah yang berada di Pantai Utara (Pantura) Brebes terdampak banjir rob. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes memprakirakan fenomena Supermoon yang disertai dengan bulan purnama yang mempengaruhi banjir rob yang cukup besar di wilayah Pantura Brebes.

"Supermoon yang disertai bulan purnama akan memengaruhi pasang maksimal air laut," kata Kalaksa BPBD Brebes Nushy Mansur melalui Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Brebes Abdul Farid kepada wartawan, Senin (20/6).

Dijelaskannya, fenomena pasang air laut diprakirakan terjadi pada 16 hingga 23 Juni 2023. Dengan kondisi seperti itu, kata dia, kawasan pesisir Brebes yang biasa dilanda rob diperkirakan akan dilanda genangan yang lebih tinggi.

Prakiraan ketinggian maksimal naiknya permukaan air laut itu, diperkirakan mencapai 50 centimeter.

"Ketinggian banjir rob bisa mencapai 50 centimeter. Dan itu terjadi pada 23 Juni mendatang," jelasnya.

Ditambahkannya, banjir rob diperkirakan terjadi pada malam hari hingga dini hari. Durasi banjir rob, kata dia, bisa mencapai enam jam.

Secara umum, menurut dia, fenomena Supermoon yang terjadi akibat grativasi bulan saat jaraknya paling dekat dari Bumi itu akan melanda kawasan pesisir utara.

"Karenanya, kami mengimbau masyarakat di wilayah pesisir, untuk mewaspadai terjadinya pasang air laut," ucapnya

Disebutkannya, ada beberapa desa yang rawan terdampak rob. Yaitu Desa Randusanga Kulon, Randusanga Wetan, Desa Kaliwlingi di Kecamatan Brebes. Sementara dua desa lainnya ada di Desa Prapag Lor dan Desa Prapag Kidul Kecamatan Losari.

"Secara rincinya kami belum mengetahui jumlah rumah yang terdampak rob. Namun, diperkirakan ada ribuan rumah yang terdampak," imbuhnya.

Selain berdampak pada rumah, banjir rob juga banyak merendam ratusan hektare tambak. Paling parah berada di Desa Randusanga Kulon dengan luas 800 hektare.

"Yang paling parah tambak yang terdampak rob di Desa Randusanga Kulon. Di mana, kerugian ditaksir mencapai miliaran," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Heboh! Ada Jatah Haji untuk Pejabat Kemenag, Anggota DPR, dan Ormas Islam.
  • Diserang Simpatisan Tersangka Pencabulan yang Juga Anak Kiai, Seorang Polisi Terluka.

Berita Terbaru