Gratis! Layanan Swab Antigen CASN di Brebes Tidak Dipungut Biaya

BREBES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes menggratiskan swab antigen kepada para peserta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Untuk hari ini saja (12/9), sedikitnya ribuan CASN mengikuti swab antigen sebagai persyaratan mengikuti Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) besok.

Kepala Dinkes Kabupaten Brebes dr Sri Gunadi mengatakan, CASN yang hendak mengikuti SKD bisa datang langsung ke puskesmas terdekat untuk mengikuti swab antigen. Dengan persyaratan, para CASN menunjukkan kartu identitas dan kartu peserta tes.

"Kita sudah menyiapkan seluruh puskesmas di Kabupaten Brebes untuk melayani CASN yang akan swab antigen," ujarnya.

Dijelaskannya, pelaksanaan swab antigen bagi CASN berlaku sehari sebelum pelaksanaan tes SKD. Pasalnya, swab antigen untuk pelaksanaan tes CASN berlaku untuk 1X24 jam.

"Dan untuk menghindari kerumunan, kami telah melakukan jadwal bagi CASN yang hendak mengikuti swab antigen. Selain itu, kita juga telah memberikan imbauan untuk mematuhi protokol kesehatan selama pelaksanaan swab antigen," ucapnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Tanjung drg Adhi Supriadi mengatakan, untuk hari ini pihaknya telah melayani kurang lebih 50 CASN maupun P3K Guru. Selain swab antigen, pihaknya juga memberikan vaksinasi kepada CASN yang belum divaksin.

"Semua pelayanan swab antigen maupun vaksinasi bagi CASN tidak dipungut biaya alias gratis," tuturnya.

Ditambahkannya, untuk pelaksanaannya swab antigen maupun vaksinasi terhadap CASN telah terjadwal hingga Oktober mendatang. Dengan kata lain, jika jadwalnya tersebut hari Minggu, tenaga kesehatan di puskesmas akan tetap berangkat selama satu minggu penuh.

"Jadwal seleksi sudah ada sampai bulan Oktober. Secara bertahap kita akan lakukan itu sehari sebelum pelaksanaan tes antigen," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Polisi Sederhana dan Jujur, Mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional.
  • Tes SKD Cuma Tujuh Detik, Ternyata CASN Ketahuan Curang Kerjakan soal Pakai Software.

Berita Terbaru