Guardiola Sayangkan Silva yang Enggan Teken Kontrak Baru di Etihad

MANCHESTER - Sudah menjadi rahasia umum jika performa pemain akan menurun di saat kontraknya sudah berakhir. Di lapangan, pemain tersebut hanya sebagai pemanis di bangku cadangan.

Pelatih pun enggan menurunkannya. Terkadang,jika pemain itu adalah bintang di klubnya, drama kontroversi kerap terjadi di lapangan hijau.

Namun tidak bagi gelandang Manchester City, David Silva.Ya, Kontrak kapten The Citizen (julukan Manchester City) memang sudah berakhir 30 Juni lalu. Namun, kehadirannya menjadi man of the match belumlah usai.

Buktinya, Silva begitu dominan sebagai pengatur serangan dalam duel City kontra Newcastle di Etihad Stadium, Kamis (9/7) dinihari WIB. Pemain 34 tahun itu menjadi pencetak gol lewat tendangan bebas dan dua assist dalam kemenangan lima gol tanpa balas untuk tuan rumah.

Dilansir dari Whoscored, catatan Silva memang impresif. Ia selalu menyumbang setidaknya 10 assist di semua kompetisi selama 10 musim memperkuat rival Manchester United tersebut. Pelatih Manchester City Josep ”Pep” Guardiola pun mengakuinya.

"Dia (Silva) sudah melakukan hal yang fantastis bagi kami. Tidak hanya dalam laga kemarin. Dalam 10 tahun terakhir saat saya masih di tim lain, David sudah memberi peran terbaiknya di City. Dia adalah legenda klub,” katanya..

Musim ini jadi tahun terakhir Silva di Etihad. Sudah 10 tahun berseragam City, mantan pemain Valencia itu akan hengkang setelah kontraknya habis. Sejatinya, pandemi korona membuatnya tetap bertahan di Etihad Stadium.

Sejatinya, baik manajemen City dan agen Silva telah bernegoisasi soal ini, sayangnya pemain berpaspor Spanyol itu enggan meneken kontrak terbarunya tersebut. Pep mengatakan Silva tetap bersama timnya hingga musim ini tuntas.

"Kami menyayangkan penolakan itu. Tapi kami akhirnya mengerti. Hal yang luar biasa bagi kami melihat Silva bisa menutup musim terakhirnya di level terbaik. Dia bermain sangat, sangat bagus. Sayangnya, fans tidak bisa bertemu dengannya. Tapi saya yakin dia akan kembali untuk pamitan," ujar Guardiola.

Silva bergabung dengan City dari Valencia pada 2010 dan telah menjadi bagian penting dari tim yang telah memenangkan empat gelar Liga Premier Inggris, dua Piala FA, dan lima Piala Liga.

Selama satu dekade terakhir, Silva telah tampil 423 kali untuk klub di semua kompetisi, mencetak 73 gol. Dia dikaitkan untuk kembali ke Spanyol dan kembali ke bekas klubnya Valencia, sedangkan AC Milan juga dikatakan tertarik dengan maestro lini tengah tersebut.

Silva mengutarakan minatnya berkarier di Amerika, dengan tim MLS Inter Miami milik David Beckham berusaha untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain.

Dilansir dari Mirror, Inter Miami mulai mencari mantan pemain bintang saat menjalani musim debutnya di Major League Soccer [MLS], salah satunya adalah Silva. Bahkan sang pemilik sekaligus legenda Manchester United, Beckham, dikabarkan tengah menyusun kontrak menggiurkan bagi Silva.

”Sosok Silva sangat populer di komunitas hispanik (Keturunan Spanyol) yang berada di kota Miami. Florida. Tentunya, kehadiran Silva akan memenuhi stadion klub kota pinggir pantai tersebut,” tulis Mirror. (fin/zul/tgr)

Baca Juga:

  • Terus Merebak, Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Brebes Capai 64 Kasus.
  • Tak Ada Prediksi Akurat, Pengamat: Zona Hijau Bisa Tiba-tiba Berubah Jadi Merah Bahkan Hitam.

Berita Terbaru