Harga Daging Rajungan Merangkak Naik, Nelayan Masih Enggan Melaut

BREBES - Harga daging rajungan di tingkat nelayan di Desa Prapag Kidul Kecamatan Losari mulai merangkak naik. Jika sebelumnya harga daging rajungan hanya Rp110 ribu per kilogram (Kg), saat ini naik menjadi Rp150 per kg.

Tokoh masyarakat Desa Prapag Kidul yang juga Anggota DPRD Kabupaten Brebes Muhaemin mengatakan, harga daging rajungan mulai mengalami kenaikan sejak tiga pekan terakhir.

Meski mengalami kenaikan, sejumlah nelayan masih belum sepenuhnya melaut untuk mencari rajungan.

"Kalaupun ada yang melaut itu bukan sepenuhnya mencari rajungan. Mungkin saat menjaring ikan atau lainnya dapat rajungan, sehingga dibawa buat nambah-nambah penghasilan," ungkapnya, Selasa (2/8).

Dijelaskannya, sudah beberapa bulan terakhir, harga daging rajungan mengalami penurunan harga. Akibatnya, banyak nelayan di Desa Prapag Kidul dan Prapaglor, Kecamatan Losari ogah melaut.

"Sejak bulan puasa lalu harga rajungan di Desa Prapag Kidul mengalami penurunan. Di mana, sebelumnya harga daging rajungan dengan kualitas standar itu mencapai Rp370 ribu per kilogram (kg). Saat ini, harganya mengalami penurunan hingga Rp110 per Kg itupun dengan kualitas super," jelasnya.

Ditambahkannya, harga rajungan yang masih utuh juga saat ini mulai merangkak naik. Beberapa bulan yang lalu harga rajungan mentah mencapai Rp20 ribu per kg. Saat ini mulai merangkak naik menjadi Rp30 ribu hingga Rp35 ribu.

Selain berdampak pada penghasilan para nelayan, turunnya harga rajungan juga berdampak pada karyawan dan tenaga pengupas rajungan yang banyak berhenti. Karenanya, dirinya berharap pemerintah bisa mencari solusi dalam mengarasi masalah ini.

"Dengan kondisi saat ini, perekonomian di Desa Prapag Kidul sangat terganggu. Karenanya, kita harapkan pemerintah bisa segera mencari solusi permasalahan ini. Sehingga, para nelayan di Brebes khususnya di Prapag Kidul dan Prapaglor bisa kembali melaut," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terbaru