Harga Jagung Manis Murah, Petani Brebes Resah

BREBES - Hampir kurang lebih sebulan terakhir harga jagung manis di Kabupaten Brebes mengalami penurunan harga (murah). Akibat harga yang murah, petani jagung manis di wilayah Kecamatan Tanjung resah.

Salah seorang petani jagung manis di wilayah Kecamatan Tanjung Madi (45) mengatakan, harga jagung mulai mengalami penurunan sejak bulan puasa lalu. Tepatnya sepekan menjelang Idul Fitri.

"Awalnya itu harga jagung manis (sebelum puasa) cukup tinggi, kisaran Rp3 ribu hingga Rp4 ribu per kilogramnya. Tapi, sudah sebulan ini harganya mengalami penurunan," terangnya.

Namun, seiring memasuki masa panen, harga jagung manis mulai mengalami penurunan. Bahkan, penurunan semakin parah saat menjelang dan pasca-Lebaran.

"Awalnya itu Rp3.100 per kg, terus turun jadi Rp2.900, terus turun lagi Rp2 ribu per kg. Hingga kemarin sampai turun drastis dikisaran Rp500-600 per kg," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan petani jagung manis lainnya yang enggan disebutkan namanya. Menurutnya, dirinya pernah menjual harga jagung dikisaran Rp4 ribu per kg. Namun, masuk panen raya harga jagung turun hingga Rp600 per kg.

"Kalau saat ini alhamdulillah mulai naik lagi. Soalnya, stok atau tanaman jagung manis di petani sudah mulai sedikit," ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes Yulia Hendrawati melalui Kabid Ketahanan Pangan Suyekti menuturkan, memang beberapa bulan terakhir tanaman jagung manis ini memasuki masa panen raya. Karenanya, berdampak pada harga komoditas itu sendiri.

"Sifat produk pertanian kan seperti ini. Jika stok banyak harga anjlok dan jika stok sedikit harga akan naik," jelasnya.

Karenanya, dalam kesempatan tersebut dirinya mengajak ke petani jagung manis untuk memulai sesuai yang baru. Pihaknya menawarkan petani jagung manis untuk menanam kedelai yang nantinya dibantu full paket oleh pemerintah.

"Tapi saat ini petani jagung manis masih belum mau. Padahal, jika mereka mau, kami akan membantu petani jagung manis full paket dan harga kedelai juga lagi bagus-bagusnya. Dan kita juga akan membantu mencari pembelinya," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • 18 Orang Terjaring Razia Kos-kosan, Ada yang Sedang Asik Bertiga di Kamar.
  • Bed Pasien Covid-19 di RSI Penuh, Dua Rumah Sakit Lainnya Tersisa Sedikit.

Berita Terbaru