Hari Ini, Bantuan Sosial Bagi Warga Lanjut Usia di Kabupaten Tegal Cair

SLAWI - Hari ini, Rabu (31/3) penyaluran bantuan sosial bagi warga lanjut usia melalui transfer rekening virtual Bank Jateng Cabang Slawi cair.

Pencairan bantuan sosial akan dilakukan setiap dua bulan sekali dan diterima langsung oleh penerima didampingi pendamping lansia.

Kepala Dinas Sosial Nurhayati, Rabu (31/3) mengatakan, pencairan perdana sudah dilakukan pada tanggal 29 sampai dengan 31 Maret 2021 didampingi oleh pendamping lansia.

Pendamping lansia ini sebelumnya telah bekerja memverifikasi dan memvalidasi data sasaran dengan melakukan kunjungan langsung ke rumah lansia calon penerima bansos dan melaporkannya ke Dinas Sosial Kabupaten Tegal.

"Tugas pendamping lansia ini adalah melakukan advokasi sosial dan pendampingan pemanfaatan dana bantuan. Termasuk memberikan dukungan pada keluarga atau kerabat penerima bantuan," katanya.

Soal mekanisme pencairan bantuan, tambah Nurhayati, jika pihaknya mendamping proses pencairan rekening virtual penerima manfaat di Bank Jateng oleh pendamping lansia sebelum diserahkan ke lansia dampingannya dalam bentuk uang tunai.

Jika setiap satu orang lansia hanya dapat menerima bansos Jadup satu kali dalam satu tahun anggaran dan pada tahun berikutnya tidak dapat diusulkan kembali. Sedangkan untuk penghentian penerima bansos dapat dilakukan apabila penerima bantuan meninggal dunia atau pindah domisili ke luar wilayah Kabupaten Tegal. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Oknum TNI-Polri Ribut Lagi, Seorang Anggota Brimob Tewas, Satu Personel Kopassus Terluka.
  • Jawab Tantangan Debat Jozeph Paul Zhang, Gus Yaqut: Tanggung Jawab Omongannya Saja Gak Berani, kok Nantang Debat?.

Berita Terkait

Berita Terbaru