Hari Kedua Pascapilkades, Dinpermades Brebes Belum Terima Aduan Gugatan

BREBES - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak gelombang III di Kabupaten Brebes telah dilaksanakan, Rabu (18/5).

Dua hari setelah pelaksanaan pilkades serentak tersebut, Dinas Pemberdayaan Maayarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes belum mendapatkan aduan gugatan terkait hasil pilkades.

Kabid Pemdes Dinpermades Kabupaten Brebes Rosmeidiana Puspitasari membenarkan hal itu.

Meski begitu, ada satu hari lagi (besok, Red) bagi calon kades yang tak puas dengan hasil pemilihan untuk mengajukan aduan keberatan terkait hasil pilkades kemarin. Aduan keberatan itu, kata dia, ditunjukan kepada bupati melalui camat.

"Kita berikan waktu tiga hari, bagi calon kades yang tak puas dengan hasil kemarin. Dan besok hari terakhir," ujarnya.

Dijelaskannya, sesuai aturan, apabila ada pihak yang merasa keberatan terhadap hasil pemungutan suara dapat mengajukan aduan secara tertulis kepada panitia pengawas kecamatan. Yaitu, paling lama tiga hari kerja sejak penetapan hasil penghitungan suara.

"Kita harapkan selama tiga hari ini tidak ada aduan gugatan yang masuk. Sehingga, proses selanjutnya yakni pelantikan bisa dilaksanakan Juni mendatang," jelasnya.

Seperti diketahui, dalam pilkades gelombang III ini sedikitnya ada 43 desa yang melaksanakan pilkades.

Dari 43 desa tersebut, ada 142 calon kades yang ikut mendaftar. Di mana, 19 di antaranya merupakan calon petahana atau incumbent.

Dari 19 calon kepala desa (Cakades) incumbent atau petahana, hanya ada delapan yang berhasil terpilih kembali menjabat oades periode 2022-2028 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakar dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes Subagyo mengatakan, total ada 142 cakades yang bertarung dalam pilkades serentak gelombang III di 43 desa.

Dari ratusan cakades tersebut, sedikitnya ada 19 incumbent yang ikut maju dalam pilkades yang dilaksanakan hari ini.

"Dari 19 cakades petahana yang ikut pilkades tadi pagi, sebanyak delapan incumbent terpilih kembali. Sedangkan sisanya tidak terpilih," ungkapnya.

Dari 43 desa tersebut, hasil pilkades tadi pagi bakal diisi muka-muka baru dan akan diisi kembali oleh delapan incumbent yang kembali maju dalam pilkades kali ini.

Delapan desa yang akan diisi oleh kades petahana yakni Desa Bantarwaru, Karangpari dan Telaga, Kecamatan Bantarkawung.

Selanjutnya, Desa Kaliwadas Kecamatan Bumiayu. Kemudian Desa Tenggeran Kecamatan Tonjong, Desa Kalimati dan Tangki, Kecamatan Brebes. Dan yang terakhir Desa Losari Lor Kecamatan Losari.

Sedangkan 35 desa lainnya bakal diisi oleh wajah baru. Meskipun diisi muka baru, dirinya berharap roda pemerintahan desa (pemdes) bisa terus berjalan.

"Kepada kepala desa terpilih kita ucapkan selamat. Semoga berkah dan amanah. Selain itu, rangkul semua komponen masyarakat yang ada untuk bersama-sama membangun desa," ucapnya.

"Bagi yang belum terpilih kami mohon untuk bisa menerima dengan ikhlas dan membantu kades terpilih untuk membangun desanya," lanjutnya.

Secara umum, kata dia, pelaksanaan pilkades serentak gelombang III tahun 2022 berjalan dengan lancar dan aman.

"Alhamdulillah secara keseluruhan semua proses tahapan hingga hari pencoblosan di pilkades gelombang III 2022 ini berjalan aman dan lancar," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terkait

Berita Terbaru