Hasil Sensus Penduduk 2020, Penduduk Brebes Terbanyak di Jateng

BREBES - Berdasarkan Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Brebes, Kabupaten Brebes menempati rangking pertama untuk jumlah penduduk di Jawa Tengah (Jateng). Yakni, dengan jumlah penduduk sebanyak 1,98 juta jiwa.

Hal itu diketahui dari hasil rilis BPS bersama Kementerian Dalam Negeri saat merilis bersama Hasil Sensus Penduduk tahun 2020 dan Data Administrasi Kependudukan (Adminduk) tahun 2020 di Hall Room Hotel Borobudur, Jakarta, belum lama ini.

Selain Brebes, di urutan kedua daerah di Jateng yang memiliki jumlah penduduk terbanyak yakni Cilacap di posisi kedua dengan 1,94 juta jiwa, ketiga, Banyumas 1,78 juta jiwa dan keempat, Kota Semarang sebanyak 1,65 juta jiwa.

Menempati posisi pertama dengan jumlah penduduk terbanyak di Jateng, Wakil Bupati Brebes Narjo mengungkapkan hal itu sebagai tantangan. Dengan jumlah penduduk terbanyak diharapkan bisa menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

"Menjadi daerah dengan penduduk terbanyak di Jateng menjadi tantangan dalam membangun Brebes menjadi lebih baik lagi," ujarnya.

Brebes, lanjutnya, bisa menjadi sumber tenaga kerja yang luar biasa. Apalagi dalam menghadapi bonus demografi tentunya menjadi persaingan yang tidak ringan bagi anak-anak muda Brebes.

"Untuk meningkatkan SDM yang berkualitas, pemerintah terus akan berupaya mewujudkannya. Apalagi, Brebes masuk kawasan industri, sehingga diharapkan nantinya SDM yang ada sangat berkualitas," terangnya.

Dalam rilisnya, BPS menyebutkan, hasil SP2020 sebanyak 270,20 juta jiwa. Sementara berdasarkan Data Administrasi Kependudukan (Adminduk) yang dihimpun oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) adalah 271,35 juta jiwa. Adanya perbedaan tersebut dikarenakan hasil sensus penduduk yang dilakukan BPS adalah data per September 2020, sementara Data Adminduk yang dimiliki Kemendagri menggunakan data per Desember 2020.

Rilis diikuti virtual oleh Wakil Bupati Brebes Narjo didampingi Sekda Brebes Djoko Gunawan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Drs Tatag Koes Adiyanto, Kepala BPS Brebes Dra Prita Rextiana MM, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mayang Sri Herbimo, serta Kepala Dinpermades Subagya, dari Ruang Rapat Setda Brebes. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Ada Pergerakan 20 Pasukan di Luar Kendali Dukung Sambo, Ketua IPW: Brimob Sampai Tak Ingin Bentrok.
  • Tabungan Brigadir J Diduga Dikuras Salah Seorang Tersangka Pembunuhnya, Pengacara Keluarga: Orang Mati Kirim Duit.

Berita Terkait

Berita Terbaru