oleh

Air Sungai Cisanggarung Meningkat, Warga Khawatir Tanggul Jebol

LOSARI – Intensitas curah hujan tinggi beberapa hari belakangan, menyebabkan debit air Sungai Cisanggarung meningkat dan mendekati bibir tanggul. Kondisi ini membuat masyarakat di Kecamatan Losari, tepatnya di Desa Limbangan khawatir tanggul sungai jebol.

Kepala Desa (Kades) Limbangan Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Siswo membenarkan, Kamis (13/2) pagi, debit air Sungai Cisanggarung mulai peningkatan. Bahakan, di beberapa titik air sudah mulai ke bantaran sungai.

“Seperti di RT 01 RW 03, air itu sudah mulai ke tepian sungai,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon genggamnya.

Diakuinya, meningkatnya debit air Sungai Cisanggarung membuat masyarakat khawatir akan kondisi tanggul yang ada saat ini. Menurutnya, masyarakat khawatir tanggul jebol jika tidak ada penanganan atau penguatan tanggul.

“Beberapa waktu lalu pemerintah desa dan masyarakat setempat sudah membuat tanggul darurat. Tapi, dikhawatirkan tidka kuat menahan debit air yang meningkat,” jelasnya.

Hingga saat ini, pihaknya sudah melaporkan kondisi tanggul yang mulai darurat ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung. Namun, sampai sekarang belum ada tanda-tanda untuk diperbaiki ataupun ada penanganan darurat.

“Seperti kemarin, kita meminta karung untuk pembuatan tanggul darurat saja tidak ada. Ya, kita berharap tanggul sungai yang ada di wilayah Limbangan khususnya bisa diperbaiki. Sehingga, warga tidak khawatir jebol jika debit air tinggi,” paparnya. (ded/zul)

Komentar

Berita Terbaru