oleh

Diisolasi, Status Pasien Suspect Corona di Tegal Diturunkan

TEGAL – Tim dokter RSUD Kardinah Tegal akhirnya buka suara, Selasa (4/2). Tim dokter memastikan kondisi pasien suspect virus corona stabil dan statusnya diturunkan dari menjadi pengawasan.

Dokter penanggungjawab pasien suspect corona, dr. Reni Animartani mengatakan pasien dirujuk dari salah satu puskesmas dengan status suspect virus corona. Saat itu, pasien dalam kondisi cukup stabil dan dapat diajak berkomunikasi.

“Pasien suspect dalam keadaan stabil, sadar penuh, dan bisa diajak komunikasi,” katanya.

Menurut Reni, dari hasil pemeriksaan, pasien tidak dalam perjalanan ke Wuhan, Cina. Pasien juga tidak ada kontak penderita terinfeksi dalam 14 hari ini dan tidak dalam mengkonsumsi hewan terinfeksi virus.

Hanya saja, sebulan lalu kontak dengan teman yang baru pulang dari Tiongkok. “Kemudian empat hari lalu masuk gejala pneumonia dengan gejala batuk dan demam,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan paru-paru, beber Reni, memang menjurus ke pneumonia. Kemudian untuk pemeriksaan foto toraks batas normal, sehingga didiagnosa mengalami pneumonia ringan.

“Karena tidak ada riwayat bepergian ke Wuhan dan hasil pemeriksaan bagus, status pasien suspect diturunkan menjadi pengawasan,” jelasnya.

Saat ini, kata Reni, pasien dalam kondisi baik dan stabil. Namun, masih dalam ruang isolasi, sesuai prosedur penanganan pasien dengan status pengawasan.

“Hari ini kita juga akan kirimkan swab tenggorok untuk diperiksa ke Dinas Kesehatan di Semarang,” tandasnya. (muj)

Komentar

Berita Terbaru