oleh

Dokter di Brebes Beberkan Cara Membuat Hand Sanitizer Berkualitas Sendiri

BREBES – Penyebaran virus corona di Indonesia yang semakin massif, membuat sejumlah alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer susah didapatkan. Ternyata, hand sanitizer pun bisa dibuat sendiri dan kualitasnya pun tak kalah dengan produk serupa yang dijual di pasaran.

Nah, untuk mengantisipasi susahnya mencari hand sanitizer, Kepala Puskesmas Tanjung drg. Adhi Supriadi menyarankan masyarakat untuk membuatnya secara mandiri.

Adhi merinci untuk membuat hand sanitizer masyarakat bisa membeli alkohol 70% yang dijual di apotek maupun toko modern. Selanjutnya alkohol itu dicampurkan dengan campuran essensial oil (seperti baby oil) sekitar 5%.

“Kalau yang digunakan alkohol 70%, kira-kira campuran lainnya sekitar 5% saja. Kenapa harus dicampur essensial oil, karena kalau hanya alkohol bisa bisa membuat iritasi kulit dan menyebabkan kulit kering,” jelasnya.

Menurut drg, Adhi baby oil berfungsi sebagai pelembab, agar kulit tidak kering. Namun, jika menggunakan alkohol yang 99%, kita bisa menambahkan lebih banyak campurannya. Misalnya dengan menambahkan daging lidah buaya sebagai sumber vitamin e.

“Setelah campuran merata, pindahkan campuran alkohol dan baby oil ke dalam botol spray. Hand sanitizer siap digunakan deh,” ungkapnya.

Ditambahkan drg. Adhi, untuk efektifitas minimal kandungan alkohol dalam hand sanitizer minimal 60%. Jika di bawah 60%, daya bunuh terhadap virusnya akan menurun drastis.

Meski demikian, dia mengingatkan masyarakat untuk selalu melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satunya bisa dilakukan dengan mencuci tangan pakai sabun melalui enam langkah. (ded/zul)

Komentar

Berita Terbaru