by

Hari Ini, Jokowi Gelar Pasukan di Natuna

JAKARTA – Konflik yang terjadi di Perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau, menjadi perhatian serius pemerintah. Presiden Joko Widodo, Rabu (8/1) hari ini, akan datang ke Natuna untuk melihat pengamanan yang dilakukan TNI.

Selain itu, Jokowi juga akan menggelar pasukan. Tim pendahuluan Kepresidenan melakukan pertemuan dengan Bupati Natuna Hamid Rizal, guna mempersiapkan kunjungan, Senin (6/1) malam.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sudah tiba lebih dulu di Natuna, Selasa (7/1) kemarin. Persiapan pun sudah dilakukan sejak kemarin.

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono membenarkan Presiden Jokowi akan berkunjung ke Natuna. Dia menyebut kepala negara dijadwalkan datang, Rabu (8/1) hari ini.

Di Natuna, Jokowi akan melakukan gelar pasukan. “Kita siapkan sesuai prosedur Pam VVIP, di Bandara Ranai, maupun Selat Lampa,” tegas Yudo.

Anggota Komisi I DPR RI Syaiful Bahri Anshori menegaskan persoalan zona ekonomi eksklusif (ZEE) di Laut Natuna, yang diklaim sepihak China jangan dipandang sebelah mata. Sebab, hal ini menyangkut kedaulatan Republik Indonesia.

“Saya tidak sependapat dengan pernyataan pejabat yang mengatakan persoalan Natuna jangan dibesar-besarkan. Karena menyangkut kedaulatan RI,” tegas Syaiful di Jakarta, Selasa (7/1).

Politisi PKB itu mendorong Presiden Jokowi aktif melakukan lobi internasional, serta memperkuat diplomasi untuk menjaga kedaulatan NKRI. Pemerintah Indonesia, lanjutnya, harus secara tegas menolak klaim sepihak China.

Sebelumnya, sejumlah kelompok nelayan menyatakan kesiapannya untuk melaut di Perairan Natuna seiring dengan masuknya nelayan-nelayan China ke perairan tersebut. Seperti nelayan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, menyatakan kesediaannya mencari ikan hingga ke Perairan Natuna, sekaligus untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Mereka juga meminta jaminan keamanan selama melaut. Demikian pula, Aliansi Nelayan Indonesia (Anni) yang menyatakan kesiapannya mengerahkan sekitar 500 kapal besar nelayan untuk mencari ikan di perairan Natuna. (rh/zul/fin)

Comment

Berita Terbaru