oleh

Jumadi: Gerakan Budaya Membaca dan Literasi

TEGAL – SDN Sumurpanggang 2 menjadi sekolah rintisan literasi pertama di Kota Tegal, Kamis (13/2) kemarin. Sekolah lain diharapkan mengikutinya, supaya budaya literasi dan membaca terus menjadi budaya di masyarakat.

Kepala SDN Sumurpanggang 2 Murwanti mengungkapkan setelah melihat kondisi perpustakaan yang sangat memperhatinkan, dia tergugah untuk memperbaikinya. Tujuannya, supaya pembelajaran anak didik dapat berjalan dengan baik, karena mereka memerlukan buku dan literasi.

“Saya baru mengetahui literasi setelah kenal Dr Yusqon, saya baru “ngeh”, bahwa literasi seperti ini. Mulailah saya menggerakan, menggalakkan, memaksimalkan salah satunya perpustakaan, meskipun kurang memadai,” jelas Murwati.

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi menjelaskan membaca, perpustakaan, dan literasi sebagai kunci peradaban. Sehingga dengan adanya sekolah rintisan literasi ini bisa mendorong untuk semua warga Kota Tegal, utamanya anak-anak tumbuh gemar membaca, kemudian membaca, dan membaca, baru kemudian menulis.

Artinya apa, inilah awal Kota Tegal menjadi Kota Literasi. “Sehingga saya berharap rintisan sekolah ini bisa menjadikan trigger kepada sekolah-sekolah yang lain untuk bersama-sama menggerakan budaya membaca dan literasi di Kota Tegal,” ungkap Jumadi. (mei/zul)

Komentar

Berita Terbaru