oleh

Juventus vs AS Roma, Penantian Satu Dasawarsa

TURIN – AS Roma belum mengubur ambisinya mengangkat trofi Coppa Italia kembali, musim ini. Hampir satu dasawarsa, Il Lupi-julukan Roma harus memendam kejayaan mereka pasca kemenangan beruntun musim 2006-2007 dan 2007-2008 silam.

Dalam 10 tahun terakhir, serigala ibu kota harus dua kali gigit jari gagal di partai final. Musim ini, anak asuh Paulo Fonseca kembali menemui jalan terjal menghadapi Juventus di Allianz Stadium, Turin, dinihari nanti. (Live TVRI Pukul 02.30 WIB).

Duel ini juga menjadi momen balas dendam Roma dari Juventus. Hanya sepuluh hari usai kalah 1-2 laga di Olimpico, Senin (13/1) lalu, Roma harus kehilangan winger terbaiknya, Nicolo Zaniolo. Sementara Juventus kehilangan sang bek, Merih Demiral.

Meski Roma sulit juara, Bianconerri (julukan Juventus) juga sama. Kendati tuan rumah lebih diunggulkan, Roma punya rekor baik di ajang Coppa Italia pada musim 2013/14.

Karenanya, pertemuan Juventus versus Roma di delapan besar Coppa Italia layak dinantikan. Apalagi, ini menjadi penentu kedua tim meraih trofi domestik dan menjaga harapan menguatkan kembali posisinya di Serie A.

Roma pun mengincar dua trofi yang secara realistis bisa mereka buru. Selain Coppa Italia, ada Liga Europa. “Ini kesempatan kami, dan masih banyak momen kemenangan yang harus kami kejar,” ujar Fonseca di website offisial AS Roma, kemarin.

Sayangnya, dalam laga nanti, sang bomber Edin Zeko tak bisa diturunkan akibat suspensi kartu. Fonseca telah memanggil penyerang Primavera, Felipe Estrella Galeazzi. Ini menjadi debut pertama punggawa Timnas Brasil U-20 di Serie A.

Untuk Juventus, tantangan mereka sebelum melaju ke delapan besar tidaklah berarti. Di babak sebelumnya, Juventus menghantam Udinese empat gol tanpa balas.

Kemenangan di Turin itu didapatkan pasukan tim besutan Maurizio Sarri melalui gol-gol Gonzalo Higuain dan Douglas Costa, serta doppietta Paulo Dybala.

Ini menjadi ajang pembuktian skuad Maurizio Sarri yang sama-sama kandas di perempat final bersama Roma, musim lalu. Juventus dibungkam Atalanta 0-3, sedangkan Roma dipermak Fiorentina 1-7. (fin/zul/tgr)

Komentar

Berita Terbaru