oleh

Nelayan Tegal Siap Berangkat ke Natuna

TEGAL – Puluhan kapal nelayan di Kota Tegal telah siap untuk diberangkatkan ke Pulau Natuna setelah dinyatakan lolos verifikasi. Namun, mereka masih terkendala dengan harga BBM yang akan digunakan untuk melaut ke pulau itu.

Mereka berharap ada harga BBM dengan harga khusus. Sehingga, bisa menekan biaya operasional. Apalagi, di zona yang ditetapkan baru pertama kali digunakan untuk menangkap ikan para nelayan.

Plt. Ketua PNKT Susanto Agus P mengatakan jumlah kapal yang sudah siap diberangkatkan sebanyak 30 kapal sesusi dengan kuota yang disediakan. Seluruh kapal sudah dinyatakan lolos secara administrasi dan cek fisik yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) beberapa waktu lalu.

“Sesuai kuota yang disediakan ada 30 kapal. Kapal-kapal kita sudah lolos verifikasi dan siap untuk diberangkatkan,” katanya.

Namun, kata Susanto, terkait BBM para nelayan berharap agar ada harga khusus. Sebab, jika menggunakan harga umum yakni di kisaran Rp9.400 per liter, biaya operasional pastinya akan membengkak.

“Padahal, zona yang akan digunakan untuk wilayah tangkapan belum pernah dijamah. Sehingga, belum tentu ada hasil setelah melaut. Untuk satu kapal saja butuh BBM sekitar 80 ton,” ujar Susanto.

Karenanya, kaya Susanto, para nelayan berharap agar pemerintah memberikan harga khusus. Sehingga bisa menekan biaya operasional.

“Kita sih berharap ada BBM harga khusus di kisaran Rp7.000-8.000 per liter,” pungkasnya. (muj)

Komentar

Berita Terbaru