oleh

Pasien Positif Covid-19 Nol, Kota Tegal Sudah Zona Hijau

TEGAL – Status Kota Tegal yang tadinya zona merah covid-19, kini sudah berubah menjadi hijau. Pasalnya, dari tiga pasien positif covid-19, dua orang dinyatakan sembuh dan seorang lainnya meninggal dunia.

Berubahnya status itu, dinilai karena Pemkot Tegal sudah menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Meski begitu, Pemkot Tegal diminta tidak terlena.

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi dalam paparannya di hadapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan saat ini di Kota Tegal pasien positif covid-19 sudah tidak ada. Itu menyusul seorang yang terakhir terkonfirmasi positif, sudah dinyatakan sembuh.

“Selain itu, orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), grafiknya juga terus melandai,” katanya.

Menurut Jumadi, pada pekan awal penerapan PSBB, masih banyak ditemukan sejumlah pelanggaran. Namun, itu menurun saat memasuki pekan kedua.

“Saat ini masyarakat sudah mulai disiplin dan melaksanakan dengan baik aturan yang berlaku. Misalnya, kalau tidak pakai masker diminta putar balik,” jelasnya.

Meski begitu, kata Jumadi, masih mengalami banyak kendala. Di antaranya masyarakat yang belum patuh dan adanya pemudik dari zona merah.

“Kemudian, adanya masjid dan Musala yang masih aktif melaksanakan kegiatan keagamaan,” tandasnya.

Menanggapi itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi capaian itu. Dirinya pun berharap agar itu bisa tetap dijaga. “Jangan sampai pengalaman ini mundur. Nah, butuh kerjasama masyarakat,” pintanya. (muj/zul)

Komentar

Berita Terbaru