oleh

PSBB di Kota Tegal Berakhir Hari Ini, Beton Jalan Mulai Disingkirkan

TEGAL – Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal rencananya akan diakhiri, Jumat (22/5) hari ini. Tanda-tanda berakhirnya salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid-19) itu, antara lain dengan disingkirkannya sejumlah movable concrete barrier (MCB) di sejumlah jalan.

Antara lain di Jalan Werkudoro, Sultan Agung, Jalak Barat, Nakula, Honoman, dan sejumlah jalan di Kota Tegal lainnya. Pembukaan blokade jalan itu dilakukan dengan menyingkirkan beton pembatas seberat rata-rata hampir dua ton menggunakan kendaraan khusus.

Selain, pembukaan akses masuk menuju ke Kota Tegal, warga juga diimbau untuk tidak keluar rumah di siang hari nanti. “Setelah salat Jumat, masyarakat diminta jangan keluar rumah. Ada semprotan (disinfektan) massal,” ujar Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi kepada sejumlah wartawan di rumah dinasnya, Kamis (21/5) kemarin.

Menurut Jumadi, pemberlakuan PSBB terbukti berhasil menekan penyebaran virus corona secara signifikan. Buktinya Kota Tegal saat ini nol (zero) positif corona (covid-19) sejak 19 Mei lalu, dan kembali menjadi zona hijau.

Hanya saja, ungkap Jumadi, Pemkot Tegal tetap perlu melakukan ketentuan PSBB, untuk mengantisipasi penyebaran kembali virusnya. Ditambahkannya, penyemprotan disinfektan akan melibatkan puluhan mobil water canon dari Polda Jawa Tengah.

tak ketinggalan, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriono juga akan ikut terlibat langsung dalam penyemprotan disinfektan massal. Orang Nomor Satu di Kota Tegal itu akan naik helikopter dan ikut melakukan penyemprotan disinfektan dari udara.

Berdasarkan jadwal, Dedy Yon akan take off menggunakan helikopter dari Lapangan Tegal Selatan, usai menunaikan salat Jumat. Nantinya helikopter yang ditumpangi Wali Kota ini akan mengitari empat kecamatan di Kota Tegal, sambil menyiram dsinfektan dan alnding di Alun-alun Kota Tegal.

“Penyemprotan massal disinfektan dari darat dan udara ini bertujuan untuk menuntaskan dan memutus rantai penyebaran virus corona (covid-19) di seluruh wilayah Kota Tegal,” ungkapnya.

Malamnya sekitar pukul 22.00 WIB akan digelar apel penutupan PSBB di Alun-alun. Selain apel, penutupan PSBB juga akan dilakukan dengan membunyikan sirine dan penyalaan kembang api. (muj/zul)

Komentar

Berita Terbaru