oleh

PSBB Kota Tegal Tidak Akan Diperpanjang

TEGAL – Pemkot Tegal belum berencana melakukan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Alasannya, setelah dua kali dilakukan isolasi wilayah dan PSBB, Kota Tegal saat ini sudah zona hijau virus corona (covid-19).

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi mengatakan hingga saat ini belum ada rencana untuk memperpanjang pemberlakuan PSBB. Selain sudah zona hijau, papa dia, Kota Tegal pun sudah zero covid-19.

“PSBB kan kalau zona merah, kita bersyukur kita bisa mempertahankan menjadi zona hijau sampai saat ini. Jadi sementara tidak akan diperpanjang,” katanya.

Meski begitu, kata Jumadi, Pemkot Tegal tetap mempersiapkan skenario terburuk. Sehingga pelaksanaan pelonggaran PSBB tetap dievaluasi karena Pemkot tetap berharap yang terbaik yakni mempertahankan agar tetap hijau.

Selanjutnya, kata Jumadi, sesuai anjuran Pemerintah, pihaknya mengajak agar masyarakat bisa menerapkan new normal. Artinya, dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat untuk berperang dengan virus covid-19.

“Misalnya cuci tangan itu kan sama saja berperang dengan virus. Begitu maksudnya new normal. Nantinya, kita minta masyarakat untuk menerapkan hidup bersih dan sehat dan tetap memakai masker, jaga jarak dan sebagainya,” jelasnya.

Terkait bantuan sosial, Jumadi mengatakan saat ini bantuan dari Pemkot Tegal siap didistribusikan di 4 Kecamatan. Selain itu, ada bantuan sosial tunai (BST) yang sudah mulai dibagikan ke masyarakat.

“Kalau bantuan dari Pemkot karena PSBB sudah tidak diperpanjang maka ini yang terakhir. Namun tidak menutup kemungkinan kalau masyarakat membutuhkan dan kita koordinasikan dengan DPRD bisa, maka akan kita salurkan lagi,” pungkasnya. (muj/zul)

Komentar

Berita Terbaru