oleh

Tahun Ini, Tak Ada Lagi Orang BAB Sembarangan di Kota Tegal

TEGAL – 2020, Kota Tegal ditargetkan bebas BAB sembarangan. Berbagai upaya akan dilakukan untuk mencapai percepatan open defecation free (ODF).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Prima menegaskannya saat sosialiasasi percepatan open defecation free (ODF) di Kantor Dinkes Kota Tegal, Rabu (15/1) kemarin. Ditegaskannya, untuk menjadi Kota Tegal bebas BAB sembarangan, pengusulannya dilakukan ke Pemprov.

“Kami targetkan tahun 2020 Kota Tegal bebas BAB sembarangan,” ungkap dr Prima.

Kasi Penyehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja Dinkes Kota Tegal Siti Halamah mengatakan pertemuan tersebut dilakukan untuk mempersiapkan kelurahan agar bisa ODF.

Hal itu, beber Halamah, karena akses kesehatan Kota Tegal sudah 96,11 persen. Padahal di tahun 2018 baru 77, 2 persen, itu artinya ada peningkatan. Dan masyarakat terjangkau dengan akses kesehatan.

“Berarti tinggal 3,9 persen untuk mencapai akses kesehatan menjadi 100 persen,” kata Halamah.

Kabid Kesmas Dinkes Kota Tegal Wiharto mengungkapkan untuk mencapai akses kesehatan 100 persen diperlukan peran semua pihak. Karena di tahun 2020 akan ada penyelesaian pembuatan jamban 250 unit di 10 kelurahan yang belum ODF.

Untuk menjadi ODF atau bebas BAB Sembarangan. Karena 17 kelurahan lainya sudah ODF. Proses verifikasi akan dilakukan tim dari Kabupaten Tegal.

“Ketika ada temuan di kelurahan yang dijadikan verifikasi akan dilakukan penyelesaian,” ungkap Wiharto. (mei/zul)

Komentar

Berita Terbaru