oleh

Tiga Jembatan di Pantura Kabupaten Tegal Rawan Roboh

WARUREJA – Sedikitnya tiga jembatan di Desa Sidamulya Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal rawan roboh. Ketiga jembatan itu merupakan akses penghubung antar pedukuhan.

Sejauh ini, pemerintah desa sudah acapkali mengusulkan anggaran ke Pemkab Tegal melalui Musrenbang. Namun, usulannya belum pernah direalisasi.

“Kondisi jembatan sudah retak. Nyaris roboh,” kata Kepala Desa Sidamulya Pramono, kemarin.

Dia mengemukakan, ketiga jembatan yang membentang di desanya itu berada di Jalan Pancasila, Jalan Kertamana, dan Jalan Bina Graha. Dia berharap jembatan itu diperbaiki melalui APBD II Kabupaten Tegal.

Menurutnya, jika menggunakan dana desa (DD), tentu tidak akan cukup. “Kalau untuk perbaikan jembatan, DD kami bisa habis, tidak bisa untuk kegiatan lainnya,” ucapnya.

Ditambakan Kades, dari tiga jembatan itu, dua di antaranya sudah memprihatinkan. Pondasinya retak dan alasnya juga berlubang. Jika turun hujan, dikhawatirkan jembatan itu akan ambrol tergerus aliran sungai.

Terlebih lagi, sungai di tiga jembatan itu mengalami pendangkalan. Ketebalan sedimentasi atau pengendapan tanahnya sudah lebih dari 2 meter.

“Kami butuh perbaikan secepatnya. Karena kalau jembatan putus, perekonomian di desa kami terganggu,” ujarnya.

Dia menambahkan, lebar jembatan sekitar empat meter. Sedangkan lebar sungai mencapai delapan meter. Hal ini mengakibatkan aliran sungai tidak lancar dan mengakibatkan kerusakan pada jembatan.

“Kalau digerus aliran sungai, tentu jembatannya cepat rusak. Semoga Pemkab bisa mengalokasikan anggaran di tahun depan atau APBD Perubahan,” harapnya. (yer/zul/fin)

Komentar

Berita Terbaru