by

Yos Sudarso Pernah Dididik Jadi Pelaut Andal di Tegal

TEGAL – Salah seorang pahlawan nasional Komodor Yos Sudarso yang gugur dalam pertemuan di Laut Arafuru, ternyata pernah mengikuti pendidikan di Kalibakung, Kabupaten Tegal. Itu terjadi jauh sebelum dirinya dipercaya negara untuk merebut Irian Barat.

Dan Lanal Tegal Letkol (Mar) Ridwan Aziz mengatakan pihaknya menggelar upacara Hari Darma Samudera, Rabu (15/1), untuk mengenang pertempuran di Laut Arafuru. Di mana, Komodor Yos Sudarso gugur saat berusaha merebut kembali Irian Barat.

“Beliau pernah mengikuti pendidikan di Kalibakung, Tegal sebelum dipercaya negara untuk merebut Irian Barat. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita,” katanya.

Terkait itu, kata Danlanal, sudah sepatutnya warga negara mencontoh jiwa patriotisme Komodor Yos Sudarso. Selain itu juga semangat pantang menyerah dan profesional dalam melaksanakan tugas meski tantangan kedepan semakin berat.

“Kita perlu mencontoh semangat Komodor Yos Sudarso dalam menjaga kedaulatan NKRI dan mengisi kemerdekaan. Karena itu tugas dan tanggungjawab setiap Warga Negara Indonesia,” tegasnya.

Sementara, dalam peringatan hari Darma Samudera di Pelabuhan Tegal, dihadiri anggota Dewan Pertimbangan Presiden sekaligus ulama kharismatik Habib Luthfi bin Yahya. Bahkan, Habib Luthfi sempat memberikan arahan persatuan kepada peserta Upacara. (muj/zul)

Comment

Berita Terbaru