by

Hindari Dikucek, Jika Tak Ingin Matanya…

TEGAL – Ketika mata terasa gatal, tangan kita seakan langsung meresponnya dengan mengucek mata. Hal ini seperti sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang.

Namun, mengucek mata ternyata bisa menimbulkan dampak negatif. Apa saja?

Mengucek mata sebenarnya baik untuk kesehatan jika dilakukan sesekali. Dengan mengucek mata, cara untuk menstimulasi agar air mata keluar sehingga mata tidak lagi kering atau gatal. Akan tetapi, jika terlalu sering dikucek justru bisa mengganggu kesehatan mata.

Dikutip Alodokter, berikut adalah beberapa dampak negatif yang bisa terjadi pada mata jika terlalu sering dikucek.

1. Iritasi Kelopak Mata

Wanita yang sering menggunakan make up, hindari terlalu sering mengucek mata jika tidak ingin mengalami iritasi kelopak mata. Pasalnya, saat mengucek mata, kuman atau bahan kimia dari produk make up bisa masuk ke dalam mata.

2. Kerusakan Kornea

Kebiasaan mengucek mata juga bisa menyebabkan kerusakan kornea. Ini bisa terjadi jika jari kita secara tidak langsung menekan kornea atau ada bulu mata yang masuk ke dalam kornea.

3. Mata Berdarah

Mata berdarah atau subconjunctival hemorrhage yang dimaksud bukan berarti mata mengeluarkan darah. Namun, mata berdarah ialah suatu kondisi ketika bagian putih mata berubah warna menjadi merah akibat gumpalan darah.

Untuk itu, apabila mata terasa gatal, boleh saja dikucek sesekali. Namun, sebenarnya ada cara yang lebih aman untuk menghilangkan gatal di mata seperti bilas mata dengan air, kompres mata dengan air hangat atau teteskan obat mata. (heq/zul)

Comment

Berita Terbaru