by

Ini Alasan untuk Minum Air Hangat dari Sekarang

JAKARTA – Anda pasti menyadari betapa pentingnya mengkonsumsi air minum untuk tubuh dan gaya hidup yang sehat. Kebiasaan ini juga sangat dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan untuk menjauhkan tubuh dari toksin, menjaga tubuh agar tetap fit sekaligus menjaga kesehatan kulit.

Namun perlu diketahui, tidak sembarang air dapat memberikan dampak kesehatan yang esensial. Untuk beberapa manfaat di atas, para dokter merekomendasikan minum air putih hangat setiap pagi hari, selain mengkonsumsinya di waktu-waktu tertentu.

Berikut 10 manfaat minum air hangat bagi tubuh seperti diambil dari laman Top 10 Home Remedies:

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Perlu diketahui, mengkonsumsi air hangat dapat menstimulasi kelenjar pencernaan untuk dapat bekerja dengan baik. Dengan begitu, makanan yang Anda asup dapat diproses dengan lebih mudah dan tidak membebani kerja sistem pencernaan.

Meredakan konstipasi

Minum air hangat secara reguler dalam keadaan perut kosong diketahui dapat membantu tubuh dalam meregulasi siklus buang air besar dan memerangi konstipasi.

Meredakan sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan umumnya dipicu oleh demam atau infeksi yang disebabkan flu. Dengan meminum air hangat tenggorokan akan terasa lebih lega dan nyaman. Air hangat membantu melarutkan lendir dan menyingkirkannya dari saluran saluran pernapasan.

Membantu atasi hidung tersumbat

Minum air hangat adalah obat hidung mampet yang natural. Tidak hanya membantu meredakan lubang hidung yang mampet tetapi juga mengurangi risiko berkembangbiaknya kuman dan bakteri.

Memangkas lemak berlebih

Mengkonsumsi air dalam keadaan hangat juga sangat baik bagi mereka yang tengah menjalani diet ketat. Air hangat dapat mendorong peningkatan suhu tubuh dan meningkatkan metabolisme atau proses pembakaran untuk energi tubuh.

Detoksifikasi

Minum air hangat juga dikaitkan dengan proses detoksifikasi toksin. Ketika berada pada suhu yang tinggi, maka tubuh akan mendinginkannya melalui keringat. Toksin dalam tubuh akan terbuang melalui cairan pendingin alami tubuh itu.

Mengurangi keram akibat menstruasi

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan keram akibat siklus bulanan, mengkonsumsi air hangat dapat membantu tubuh dalam merelaksasi kontraksi pada otot rahim dan meredakan keram dan kejang otot.

Memperlambat penuaan

Seperti disebutkan di atas, minum air putih hangat sangat baik untuk kesehatan kulit, karena kebiasaan ini membantu tubuh dalam menyingkirkan toksin yang berbahaya bagi tubuh. Salah satunya toksin yang berkontribusi kepada penuaan dini.

Mendorong sirkulasi darah

Manfaat lain minum air hangat adalah menjaga sirkulasi darah yang dibutuhkan tubuh untuk menyalurkan oksigen dan nutrien menuju jaringan dan organ tubuh. Sirkulasi darah yang baik juga teramat penting bagi aktivitas otot dan saraf dalam tubuh. Membantu tidur jika Anda punya masalah dengan tidur, coba minum segelas air hangat sebelum tidur. Anda akan tidur pulas layaknya bayi. (ruf/fin/ima)

Comment

Berita Terbaru