oleh

Vaksin Corona Butuh Waktu Satu Tahun Dikembangkan?

JAKARTA – Para ilmuwan yang terlibat dalam pengembangan vaksin virus corona, dikabarkan bakal mengujicobakan vaksin buatan mereka, pada beberapa orang yang diklaim sebagai partisipan pertama trial tersebut.

Menurut laporan AP, setidaknya 45 partisipan berusia muda ini, akan menerima dosis vaksin yang dikerjakan oleh para peneliti dari National Institutes of Health (NIH) dan Moderna Inc, yang masing-masing berbeda.

Sayangnya, meski tes tahap awal ini berhasil dengan sukses, tetapi untuk menyelesaikan vaksin ini secara keseluruhan, menurut laporan tersebut, akan memakan waktu yang cukup terbilang lama.

“Bisa satu tahun atau satu tahun lebih,” kata Dr Anthony Fauci, selaku direktur dari National Institute of Allergy milik NIH dikutip dari Fin, Rabu (18/3).

Adapun alasan mengapa proses ini memakan waktu yang tidak sebentar, lantaran dibutuhkannya beberapa studi lanjutan dengan melibatkan lebih banyak orang, guna memastikan efektivitasnya, dan menghindari efek samping yang merugikan. (ruf/fin/ima)

Komentar

Berita Terbaru