Idza Ajak Warga yang Terdampak Rob Tempati Rusunawa

BREBES - Dalam dua hari terakhir, warga wilayah Kecamatan Brebes salah satunya di Desa Randusanga Kulon terdampak banjir rob. Bahkan, pagi tadi ketinggian air banjir rob cukup tinggi.

Dalam kunjungannya ke pemukiman warga yang terdampak, Bupati Brebes Idza Priyanti mengajak warga untuk menempati Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Jalan Islamic Center Brebes.

Warga yang namanya sudah tercatat sebagai penghuni Rusunawa agar segera boyongan. Bahkan dirinya siap mengantarnya.

"Rusunawa yang sudah jadi ini berkelas hotel dan bakalan nyaman, aman, untuk ditempati," ajaknya.

Dijelaskannya, sedikitnya ada 44 rumah dan sudah terdata orang-orangnya untuk segera boyongan.

Sepanjang bantaran, ada 154 bangunan rumah di atas tanah negara dan yang tertampung di Rusunawa hanya 43 Kepala Keluarga saja karena 1 rumah untuk cadangan.

Mereka yang menempati bantaran Sungai Sigeleng harus segera dikosongkan karena adanya pelebaran jalan juga dan normalisasi sungai.

Kepada warga yang memiliki tanah tetapi rumahnya terkena pelebaran jalan juga telah disediakan bantuan pembangunan rumah sebesar Rp35 juta dari Provinsi Jawa Tengah.

Sesuai Basis Data Terpadu (BDT), sebanyak 15 rumah akan dibangun dari bantuan tersebut untuk warga Randusanga Kulon.

Idza juga menceritakan, sejak digulirkannya Kawasan Industri Brebes, akan ada pembangunan sabuk pantai dari Brebes hingga Losari untuk menghindari rob. Namun hingga kini belum terealisasi.

Untuk itu, bupati mengajak kepada warga Randusanga Kulon untuk berdoa agar Presiden bisa secepatnya mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sabuk pantai.

Dalam kesempatan tersebut, bupati menyerahkan secara simbolis bantuan beras sebanyak 600 kantong kemasan 5 kilogram dan mie instan bagi warga terdampak banjir rob. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terkait

Berita Terbaru